Didesak Gelar KLB, PSSI Segera Verifikasi Perwakilan Klub

Didesak Gelar KLB, PSSI Segera Verifikasi Perwakilan Klub

PSSI segera melakukan verifikasi anggota yang meminta digelarnya Kongres Luar Biasa Ketua Umum PSSI. (foto - ist)

Jakarta - Sekretaris Jenderal PSSI, Azwan Karim, tak mau begitu saja percaya jika ada 85 klub, yang menginginkan digelarnya Kongres Luar Biasa (KLB). Rencananya PSSI akan melakukan verifikasi terlebih dulu guna memastikan keabsahan surat pernyataan, yang dibawa Kelompok 85 ke kantor PSSI, Selasa (3/5/2016).

Dalam proses verifikasi, setiap perwakilan klub akan diwawancara. Mereka akan ditanya apakah menandatangani surat tanpa tekanan, dan memiliki alasan kuat untuk meminta digelarnya KLB. "Kita menjalankan organisasi dengan buku ini (statuta), kalau sesuai ya akan kita lakukan. Namun, buku ini menyatakan harus bebas dan tidak dalam tekanan, dan alasannya pun harus jelas," kata Azwan.

Disebutkan, proses verifikasi mesti dilakukan dengan cermat, karena saat ini kondisi PSSI sedang tidak normal. Untuk itu, mereka tidak bisa memastikan berapa lama proses verifikasi dilakukan. "Ini situasinya tak seperti biasa, untuk itu kita melakukan pengecekan secara ekstra. Tidak bermaksud menghalang-halangi, tapi harus dilakukan seperti itu," tambah Wakil Ketua Komite Banding PSSI, Mahfudin Nigara.

"Apalagi, sebelumnya sudah ada dari mereka pernyataan tidak mau KLB, nah itu akan kita kroscek juga. Itu salah satu di antaranya untuk melakukan penelusuran," tegasnya.

Sementara kejanggalan perubahan sikap itu menjadi sorotan kepengurusan PSSI pimpinan La Nyalla Mattalitti. Mereka merasa ada sesuatu yang tidak beres dengan munculnya desakan dari anggota otoritas tertinggi sepakbola Tanah Air itu.

"Tiba-tiba kita menerima surat yang bertolak belakang dari statement mereka sebelumnya. Kita perlu menelaah lebih lanjut kenapa surat ini (desakan KLB) diserahkan kepada kami," tambah Azwan. (Jr.)**

.

Categories:Sepak bola,
Tags:,