Ratusan Lilin 'Sinari' Yuyun Solidaritas Warga Bandung

Ratusan Lilin 'Sinari' Yuyun Solidaritas Warga Bandung

Aksi solidaritas kasus pemerkosaan dan pembunuhan terhadap Yuyun di Bengkulu, mahasiswa, dosen dan warga Bandung nyalakan ratusan lilin di Taman Cikapayang Bandung. (foto - ilustrasi)

Bandung - Aksi solidaritas terhadap kasus pemerkosaan dan pembunuhan terhadap Yuyun (14) di Bengkulu, mahasiswa, dosen dan warga Bandung menyalakan ratusan lilin di Taman Cikapayang Jalan Ir. H Juanda Bandung, Rabu (4/5/2016) malam.

Selain menyalakan lilin , spanduk "Stop kekerasan pada perempuan, #Nyala untuk YY, #Saya bersama YY, #YY Adalah Kita" juga  terpampang menghiasi taman. Menurut Koordinator Solidaritas Warga Bandung, Aquarini Priatna, kembali terjadinya kasus kekerasan terhadap anak menjadi tamparan bagi seluruh warga Indonesia.

"Prihatin, sedih serta marah. Pada satu sisi juga ada rasa ketidakberdayaan. Namun, kita bersama-sama menunjukkan bahwa kita tidak akan membuat korban tersebut terbungkam," kata Aquarini di Taman Cikapayang Bandung.

Ia menyebutkan, insiden tersebut menjadi kenangan dan peringatan bagi pemerintah bahwa jaminan hak asasi manusia khususnya bagi anak di bawah umur, harus menjadi bahan introspeksi.

"Kami akan membuat mereka didengarkan, tidak akan membuat hidup Yuyun terhenti seperti itu, hilang. Kami memastikan Yuyun terus dikenang, sebagai orang yang membuat kita sadar bahwa situasi saat ini sangat darurat," tegasnya.

Kebijakan pemerintah untuk kepastian hukum penanganan kekerasan perempuan dan anak di bawah umur, dikatakan Aquarini perlu segera dibenahi. "Ini harus dievaluasi. Ini enggak bisa berjalan sendiri-sendiri. Ini harus dievaluasi secara bersama-sama,” ungkapnya. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,