Panas Ekstrem India Simpang Jalan pun Dipasangi Jaring

Panas Ekstrem India Simpang Jalan pun Dipasangi Jaring

Hampir seluruh simpang (perempatan) jalan di India dipasangi jaring. (foto - ist)

New Delhi - Ada pemandangan yang berbeda sekaligus agak menggelikan juga di jalanan India. Dampak dari sengatan gelombang panas yang melanda negeri ini, hampir seluruh simpang jalan (lampu stopan) di atasnya dipasangi jaring berwarna hijau selebar jalan raya.

Seperti dilansir Autoevolution, baru-baru ini penampakan jaring tersebut setelah ditelusuri, tampaknya sengaja dipasang otoritas setempat untuk menyiasati cuaca panas ekstrem. Langkah itu dipilih karena murah dan efisien. Kota yang mempelopori cara unik itu adalah Nagpur, wilayah sebelah barat New Delhi.

Meksi terkesan sepele, adanya jaring itu dinilai sangat membantu bagi para pengguna jalan agar terhindar dari sengatan matahari. Terlebih bagi mereka pengguna angkutan umum atau pengendara mobil, yang kabinnya belum dilengkapi penyejuk udara (AC).

Dengan dipasangnya kain penghalau panas juga membuat jumlah pengendara motor yang menerobos lampu merah menjadi berkurang. Sebab di tengah cuaca yang menyengat, pengendara lebih memilih berlama-lama menunggu lampu hijau menyala untuk sejenak  berteduh.

Sebagai diketahui, gelombang panas selalu melanda sejumlah kota di India menjelang pertengahan tahun. Pada siang hari suhu udara bisa mencapai 48 derajat Celsius. Tahun lalu, Nagpur dan Maharashtra tercatat sebagai kota paling parah terpapar panas, hingga menyebabkan 160 warganya tewas. (Jr.)**

 

.

Categories:Unik,
Tags:,