London Kini Punya Walikota Muslim Pertama Sadiq Khan

London Kini Punya Walikota Muslim Pertama Sadiq Khan

Sadiq Khan

London - Sadiq Khan, politikus Partai Buruh itu terpilih sebagai Walikota London, Inggris menggantikan Boris Johnson. Dengan begitu, anak imigran asal Pakistan tersebut menjadi kandidat Muslim pertama yang terpilih, untuk memimpin salah satu kota terbesar di dunia.

Hasil perhitungan suara yang dilakukan, Sabtu (7/5/2016) dinihari waktu setempat, Khan berhasil mengalahkan rivalnya asal Partai Konservatif, Zac Goldsmith. Anak seorang sopir bus itu berhasil meraih 1.310.143 suara, sedangkan Goldsmith hanya meraih 994.614 ribu suara.

Khan menyambut kemenangannya dengan rendah hati. Pria 45 tahun itu juga berjanji untuk menjadi walikota bagi seluruh masyarakat London yang heterogen. Dalam pidato kemenangannya, pria kelahiran Tooting, London itu menyayangkan berbagai tuduhan yang diarahkan sebelumnya kepada dirinya.

"Pemilihan ini tidak terlepas dari kontroversi. Saya bangga London hari ini lebih memilih harapan, ketimbang ketakutan dan persatuan di atas perbedaan. Politik ketakutan tidak diterima di kota ini," sebut Khan.

Dilansir NBC News, Sabtu (7/5/2016) kemenangan Khan itu menandai berakhirnya dominasi Partai Konservatif di Dewan Kota London, dalam delapan tahun terakhir. Meski sempat melancarkan berbagai tuduhan negatif, Goldsmith tetap memberikan ucapan selamat kepada rivalnya tersebut. Pria 41 tahun itu berharap yang terbaik bagi Khan.

Sementara itu, pemimpin Partai Buruh Jeremy Corbyn, tak pelak menyambut kemenangan kadernya itu. Lewat akun Twitter-nya, Corbyn mencuit "YesWeKhan” untuk menyambut kemenangan partainya. Cuitan itu merujuk pada slogan kampanye Presiden Amerika Serikat Barack Obama. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,