Jadi Trending Topic Aksi Solidaritas YY Digelar di 14 Kota

Jadi Trending Topic Aksi Solidaritas YY Digelar di 14 Kota

Koalisi Aksi Solidaritas Darurat Nasional Kejahatan Seksual terhadap Anak melakukan aksi unjuk rasa di Kawasan Bunderan Hotel Indonesia Jakarta beberapa waktu lalu. (foto - ist)

Bandung - Beberapa daerah telah membentuk ikatan solidaritas yang massif, menyusul kekerasan seksual yang dialami Yuyun (14) di Bengkulu. Aksi Solidaritas YY, untuk menyuarakan keprihatinan terhadap kasus siswi yang diperkosa dan dibunuh oleh 14 tersangka itu, sedikitnya digelar di 14 kota di Indonesia.

Di media sosial pun aksi itu menuai dukungan yang luas dan mendapat porsi pemberitaan yang lebih. Terbukti, sejak Minggu pagi tagar #SolidaritasYY menjadi trending topicRibuan cuitan ditulis para netizen yang umumnya merupakan ungkapan simpati dan duka untuk Yuyun, serta seruan kepada pemerintah agar menetapkan rambu yang lebih tegas bagi para pelaku kekerasan terhadap anak.

Akun Dian Wirya dan Ikos Nomos misalnya, menuliskan apa yang dialami Yuyun adalah awal dari perlawanan warga terhadap kekerasan seksual anak. @yzdianwirya: Dukamu adalah awal bangkitnya perlawanan kami. Doa tertulus kami untukmu, YY #SolidaritasYY. ‏@ikosnomos: Untukmu, YY adik kami tercinta, hari ini kami merapatkan barisan utk melawan kekerasan! #SolidaritasYY

Selain itu, sebagian besar cuitan juga datang dari netizen yang berpartisipasi dalam aksi Solidariras YY di 14 kota yang digelar secara serentak hari Minggu (8/5/2016).

Aksi Solidaritas YY juga disuarakan melalui pengumpulan tanda tangan masyarakat, sebagai penegasan bahwa kekerasan seksual telah menjadi salah satu ancaman bangsa saat ini. Pengumpulan tanda tangan itu dilakukan pada kegiatan car free day (CFD) di 14 kota.

Kota yang menggelar itu, yakni Jakarta (Bundaran Hotel Indonesia), Bandung (CFD Dago), Balikpapan (Lapangan Merdeka), Bengkulu (Pantai Panjang Bengkulu), Gorontalo (Gelanggang Remaja), Palembang (CFD Kambang Iwak Park City), Padang (Tugu Perdamaian Pantai Padang).

Kegiatan itu juga digelar di Palangkaraya (CFD Bundaran Besar), Purwakarta (Situ Buleud), Kendari (Lapangan MTQ), Kupang (Lapangan Bola Kecamatan Kupang Barat), Kuningan (Jalan Siliwangi), Makassar (CFD Sudirman) dan Mamuju (Anjungan Pantai Manakara). (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,