17 Gerilyawan Pakistan Tewas

17 Gerilyawan Pakistan Tewas

17 Gerilyawan Pakistan Tewas

Peshawar - Pasukan keamanan Pakistan menewaskan sedikit-dikitnya 17 gerilyawan dalam serangan berat, Jumat malam (07/11/2014), di distrik suku bergolak baratlaut, kata pejabat, Sabtu (08/11/2014).

Gerilyawan itu tewas di kota Bara, distrik suku Khyber, setelah pasukan keamanan memukul mundur serangan terhadap pos pemeriksaan.

"Kami telah menangkap 17 mayat dari kelompok gerilyawan Lashkar-e-Islam dan Tehreek-i-Taliban Pakistan setelah membunuh mereka semalam di kabupaten suku Khyber," kata seorang pejabat senior keamanan kepada AFP.

"Pasukan kami telah menanggapi serangan gabungan dua kelompok militan tersebut. Kita sekarang menyerahkan jasad-jasad mereka kepada pemerintah lokal untuk diidentifikasi," katanya.

Pejabat lain di tanah di Bara menegaskan pembunuhan.

Khyber adalah salah satu dari tujuh distrik suku semi-otonomi di perbatasan Afghanistan, di mana Pakistan telah memerangi kelompok-kelompok Islam selama satu dekade.

Para gerilyawan telah berlindung di Khyber setelah melarikan diri dari benteng mereka di Waziristan utara, di mana militer melancarkan serangan besar-besaran pada Juni menyusul serangan berdarah di Karachi yang menghentikan pembicaraan perdamaian yang goyah antara pemerintah dan Taliban.

Militer Pakistan mengatakan telah menewaskan lebih dari 1.100 gerilyawan dan kehilangan sekitar 100 tentara sejak awal operasi.

Jumlah dan identitas mereka yang tewas adalah sulit untuk memverifikasi karena hanya ada sedikit akses media secara rutin ke zona konflik.

Lebih dari 150.000 orang telah melarikan diri dari Khyber sejak operasi militer kedua diluncurkan di sana pada Oktober, menargetkan gerilyawan Taliban yang melarikan diri dari serangan di Waziristan Utara. (AY)

.

Categories:Internasional,