Pemakzulan, Pendukung Presiden Brasil Blokade Jalan

Pemakzulan, Pendukung Presiden Brasil Blokade Jalan

Jelang pemakzulan massa pendukung Presiden Brasil blokade jalan. (foto - BBC)

Sao Paulo - Aksi unjuk rasa digelar massa pendukung Presiden Brasil Dilma Rousseff, dengan membuat barikade dan memblokir jalan di sebagian besar wilayah Brasil. Hal itu sebagai langkah protes terhadap proses pemakzulan Rousseff.
 
Massa pengunjuk rasa memblokir jalan akses utama ke kota terbesar Brasil Sao Paulo, sehingga menyebabkan kemacetan lalu lintas yang cukup panjang selama jam sibuk. Protes tersebut menyebar di kota-kota di seluruh negeri.
 
Berdasarkan keterangan polisi, terdapat barikade di 14 jalan raya di 26 negara bagian. Di Rio de Janeiro, yang akan menjadi tuan rumah Olimpiade pada Agustus dan September mendatang, pengunjuk rasa mendirikan barikade di jalan utama yang menghubungkan kota ke negara bagian Sao Paulo.
 
Seperti dilaporkan BBC, Rabu (11/5/2016) protes anti-pemakzulan yang diprakarsai oleh organisasi sayap kiri, Popular Brazil Front berjanji untuk melanjutkan aksi dengan melakukan taktik tindakan langsung. "Kami akan berjuang untuk membela demokrasi. Kami menolak adanya kudeta," kata kelompok itu melalui pesan Facebook.
 
Senat Brasil akan melakukan pemungutan suara atas pemaksulan Dilma Rousseff pada Rabu ini.  Jika mayoritas suara mendukung pemakzulan, maka Rousseff akan diskors dari kursi presiden sampai 180 hari ke depan. 
 
Sebelumnya pemerintah meminta Mahkamah Agung (MA) untuk menangguhkan proses pemakzulan, karena adanya dugaan kecurangan. Namun upaya itu ditolak pengadilan.
 
Sementara itu, Presiden Rousseff bersumpah untuk berjuang sampai akhir melawan pemakzulan. Jika iaturun dari jabatan presiden, posisi itu  akan digantikan Wakil Presiden Michel Temer sementara sidang berlangsung. Presiden Rousseff dituduh memanipulasi keuangan untuk menyembunyikan defisit publik, yang berkembang menjelang pemilihannya pada 2014 lalu. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,