Depak Ronaldo, Luis Suarez Raih Sepatu Emas Eropa

Depak Ronaldo, Luis Suarez Raih Sepatu Emas Eropa

Depak Ronaldo, Luis Suarez Raih Sepatu Emas Eropa. (foto - ist)

Barcelona - Luis Suarez  dinobatkan sebagai penerima Sepatu Emas Eropa (European Golden Shoe), mengalahkan Cristiano Ronaldo dalam torehan gol di La Liga Spanyol 2015/2016.
 
Lewat 40 gol, Suarez sebagai pencetak gol terbanyak La Liga Spanyol 2015/16, unggul lima gol dari Ronaldo. Dengan begitu, total Luis Suarez mengumpulkan 80 poin. Sementara Ronaldo, dengan 70 poin berada di posisi ketiga.
 
Sementara di posisi kedua diduduki pemain asal Argentina, Gonzalo Higuain. Penyerang asal Napoli itu mengoleksi 36 gol dengan 72 poin. Untuk liga-liga besar seperti Spanyol, Inggris, Italia dan Jerman setiap gol dikalikan dua. Berbeda dengan liga-liga di bawahnya, seperti Liga Perancis, yang per golnya hanya "dihargai" 1,5 poin.
 
Bagi Suarez, ini yang keduakalinya dinobatkan sebagai peraih Sepatu Emas Eropa. Sebelumnya, pada musim 2013/14, pemain asal Uruguay itu juga meraih penghargaan sama, bersama Ronaldo. Ketika itu, keduanya mencetak 31 gol dan mendapat 62 poin.

Pada musim ini, performa Suarez memang gemilang. Total dia mencetak 59 gol dari 52 penampilan bersama Barcelona. Bersama rekan seklubnya, Lionel Messi, Suarez juga merupakan pembuat assist terbanyak La Liga, yakni 16 assist.

Selain gelar La Liga, bersama Barcelona Suarez juga memenangkan Piala Super Eropa dan Piala Dunia Klub. Mantan pemain Liverpool itu juga berpeluang memenangkan Piala Raja, jika Barcelona mengalahkan Sevilla di laga final, 22 Mei nanti. 
(Jr.)**
.

Categories:Sepak bola,
Tags:,