Pertemuan APEC 2014 Sepakati 8 Ketentuan

Pertemuan APEC 2014 Sepakati 8 Ketentuan

Pertemuan APEC 2014 Sepakati 8 Ketentuan (Foto: Net)

Beijing - Para menteri negara peserta Asia-Pasific Economic Cooperation (APEC), menyepakati delapan poin dalam pertemuan yang berlangsung pada hari pertama penyelenggaraan APEC yang berlangsung di Beijing.
 
Dilansir dari laman resmi APEC, Minggu (9/11/2014) secara keseluruhan para peserta APEC akan lebih memfokuskan untuk memperdalam kemitraan guna mendorong pertumbuhan ekonomi global. Para peeserta memprioritaskan unlocking sumber pertumbuhan baru berbasis pada pembentukan kondisi, yang mendorong integrasi ekonomi regional.
 
Selain  itu, akan mempromosikan pembangunan yang inovatif, reformasi ekonomi dan pertumbuhan, dan memperkuat investasi infrastruktur dan konektivitas yang lengkap. "Pertemuan juga membahas bagaimana menguraikan langkah selanjutnya, untuk mengatasi tantangan dalam menghadapi sistem perdagangan multilateral di bawah Organisasi Perdagangan Dunia atau World Trade Organisation (WTO)," kata Direktur Jenderal Word Trade Organisastion (WTO), Roberto Azevedo.
 
Konferensi Tingkat Tinggi negara-negara kerja sama ekonomi Asia Pasifik (KTT APEC) 2014 ini telah menghasilkan delapan poin kesepakatan. Diharapkan ini bisa diterapkan di -tiap negara anggota APEC. Kesepakatan disampaikan Menteri Luar Negeri China Wang Yi, dan Menteri Perdagangan China Gao Hucheng.
 
Delapan poin kesepakatan (KTT APEC) 2014:
a. Mempromosikan penggunaan Interoperable Data Standar global;
b. Mempromosikan Terbarukan dan Energi Bersih (RCE) Perdagangan dan Investasi;
c. Peserta APEC sepakat untuk menyusun 3 kerangka kerja;
d. Mempromosikan Investasi Infrastruktur melalui Kemitraan Pemerintah-Swasta;
e. Berencana Pembangunan Kapasitas untuk Mempromosikan Perdagangan dan Agenda Investasi;
f. Mempromosikan Ekonomi Internet;
g. APEC akan menjalin kerja sama dengan negara di Asia Pasfik;
h. APEC mengeluarkan Deklarasi Beijing untuk memberantas korupsi.
(Jr.)**
.

Categories:Internasional,