Jerman Rayakan Runtuhnya Tembok Berlin

Jerman Rayakan Runtuhnya Tembok Berlin

Jerman Rayakan Runtuhnya Tembok Berlin

Berlin - Menandai 25 tahun runtuhnya Tembok Berlin, Minggu (09/11), diadakan konser dan pameran yang dipentaskan di Berlin. Kanselir Angela Merkel kemudian akan menghadiri pesta terbuka besar tersebut di Gerbang Brandenburg.
 
Melansir dari BBC yang melaporkan, diterbangkannya balon putih menandai Tembok Berlin akan diterbangkan ke udara, yang melambangkan hilangnya tembok tersebut.
 
Tembok Berlin dibangun pada tahun 1961 untuk menghentikan orang-orang yang melarikan diri dari Jerman Timur ke Jerman Barat, yang pada saat itu ada di bawah komunis. Runtuhnya Tembok Berlin pada tahun 1989 menjadi simbol kuat berakhirnya Perang Dingin. 
 
Selain Kanselir Merkel, dalam perayaan tersebut turut hadir mantan pemimpin serikat buruh Polandia Lech Walesa, dan pemimpin terakhir Uni Soviet Mikhail Gorbachev.
 
Tembok Berlin membentang sepanjang 155 km melalui Berlin, tapi hari ini hanya sekitar tiga kilometer dari tembok itu masih berdiri. Dalam kurun waktu satu tahun setelah runtuh, Jerman yang terbagi dua setelah kekalahannya dalam Perang Dunia II bersatu kembali. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,