Serangan Bom Beruntun Tewaskan Ratusan Orang di Suriah

Serangan Bom Beruntun Tewaskan Ratusan Orang di Suriah

Bom meledak di dekat gedung sekolah dalam serangan bom beruntun yang menewaskan ewaskan 140 orang di Suriah Barat. (foto - ist)

Jableh - Lebih dari 140 orang tewas setelah tujuh ledakan bom beruntun menghantam Kota pesisir Tartous dan Jableh di Suriah Barat. Serangan di Jableh menewaskan sedikitnya 100 orang, sedangkan puluhan orang lainnya mengalami luka. Ledakan itu terjadi pada Senin pagi waktu setempat.

Seperti dilansir Press TV, Selasa (24/5/2016) berdasarkan informasi dari pihak monitoring yang berbasis di London, serangan di Tartous mengakibatkan 48 orang tewas, dan sejumlah lainnya mengalami luka. Insiden pemboman tersebut dikabarkan terjadi hampir bersamaan. 

Disebutkan, salah satu ledakan terjadi dekat sebuah rumah sakit dan pelaku menggunakan rompi peledak. Terkait dengan serangan tersebut, kelompok militan radikal ISIS mengaku bertanggung jawab. Hingga saat ini, mereka telah berulang kali menargetkan bangunan sipil seperti rumah sakit dan sekolah.

Sementara itu, pemantau HAM di Suriah mengatakan, akhir-akhir ini kelompok ISIS telah berulang kali melakukan serangan terhadap fasilitas medis. Menurut laporan utusan khusus PBB untuk Suriah, Staffan de Mistura menyebutkan, lebih dari 400.000 orang tewas akibat konflik berkepanjangan dan mengakibatkan ribuan penduduk mengungsi ke berbagai negara.

Sebelumnya, Syrian Observatory for Human Rights (SOHR), sebuah lembaga pemantau HAM di Suriah melaporkan, rangkaian ledakan itu  memang terjadi di Kota Tartous dan Jableh. SOHR menegaskan, sebagian di antara ledakan terjadi akibat aksi bom bunuh diri.

Dikutip dari BBC, media pemerintah melaporkan sebuah terminal bus dan sebuah rumah sakit juga menjadi target serangan. Menurut SOHR, serangan dengan pola seperti ini biasanya jarang terjadi di daerah-daerah. Siaran televisi pemerintah Suriah mengabarkan, setidaknya satu orang pelaku bom bunuh diri dan sebuah mobil meledak di terminal bus.

Kantor berita Suriah, SANA melaporkan, sebuah roket menghantam pintu masuk terminal bus di sebelah utara Jableh. "Aksi ledakan yang dilakukan oleh kelompok teroris di Tartous menewaskan 20 orang dan melukai belasan lainnya,” tulis kantor berita tersebut. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,