Lima Hari Hilang Dua Pendaki Semeru Akhirnya Ditemukan

Lima Hari Hilang Dua Pendaki Semeru Akhirnya Ditemukan

Dua pendaki Semeru yang hilang ditemukan di kawasan air terjun Gunung Boto di Dusun Tawon Songo Desa Pasrujambe Kecamatan Pasrujambe Kabupaten Lumajang. (foto - ist)

Lumajang -  Dua pendaki Gunung Semeru yang hilang, yakni Zirli Gita Ayu Safitri (17), pelajar asal Desa Bojong Kulon Kecamatan Susukan Kabupaten Cirebon, dan Supyadi (27) asal Blok 4 Tegal Lempuyangan Lor Tegal Gubug Cirebon, berhasil ditemukan selamat.
 
Kedua pendaki tersebut hilang selama lima hari. Mereka ditemukan dalam kondisi lemas, namun masih bisa berjalan. Proses evakuasi diperkirakan berlangsung selama lima jam. 
 
Tim SAR gabungan berhasil menemukan mereka sekitar pukul 16.05 di kawasan air terjun Gunung Boto di Dusun Tawon Songo Desa Pasrujambe Kecamatan Pasrujambe Kabupaten Lumajang. 
 
Kawasan tersebut berada di luar jalur pendakian dan dikenal sebagai jalur penduduk setempat untuk naik ke Gunung Semeru. Tim SAR gabungan masih melakukan evakuasi dan diperkirakan akan tiba di Dusun Tawon Songo petang, Selasa (24/5/2016) petang. 
 
"Kondisi pendaki selamat meski dalam kondisi lemas, namun mereka masih bisa berjalan," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang Hendro Wahyono, Selasa (24/5/2016) malam. 
 
Ketika ditemukan, kondisi penyintas sehat. Pasokan air dari air terjun Gunung Boto membuat mereka tak mengalami dehidrasi. Penyintas juga dikabarkan memakan ares atau batang pohon pisang untuk bertahan hidup. 
 
Tim SAR memberikan asupan nutrisi untuk memulihkan kondisi mereka, sebelum berjalan turun ke Tawon Songo. "Penyintas akan dibawa ke Ranupani. Disana kerabatnya sudah menunggu," katanya.
 
Sebelumnya, pencarian sempat dilakukan di sekitar Sumber Mani dan kawasan Blank 75, yang dikenal memiliki banyak jurang curam. Namun demikian, dua penyintas ditemukan di kawasan air terjun Gunung Boto, kawasan di luar jalur pendakian. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,