Pabrik Mie Berformalin di Kabupaten Bandung Digerebek

Pabrik Mie Berformalin di Kabupaten Bandung Digerebek

Digerebek Pabrik Mie Berformalin di Kabupaten Bandung. (foto - ist)

Bandung Satuan Narkoba Polres Bandung mengamankan sedikitnya satu ton mie basah berformalin siap edar, di sebuah pabrik yang sudah beroperasi selama 1,5 tahun di Kampung Mahmud, Desa Mekarrahayu Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung.

Menurut Kepala Satnarkoba Polres Bandung, AKP Budi Nuryanto, mie basah berformalin itu biasa diedarkan ke sejumlah pasar di Kabupaten dan Kota Bandung.  "Pengungkapan kasus itu berawal dari seorang penyalur yang kami tangkap di Pasar Sayati. Dari situ kami dilakukan pengembangan dan akhirnya menemukan pabriknya," katanya seusai menggerebek pabrik itu, Rabu (25/5/2016) pagi.

Dalam satu hari, katanya pabrik itu bisa memproduksi mie berformalin sebanyak 10 kuintal. Biasanya mie basah itu dicampur dengan formalin agar lebih tahan lama. "Formalin itu diperoleh dari seorang produsen mie di Kota Bandung. Dan bahan lainnya dari pasar. Ada 10 pekerja di pabrik itu yang kami amankan," katanya.

Disebutkan, dari 10 pekerja itu belum satu pun di antaranya yang dijadikan tersangka. Pihaknya masih mendalami kasus itu. Polisi pun mengamankan alat pembuat mie, satu ton mie basah berformalin, bahan mentah, termasuk formalin dan bahan pewarnanya.

Diimbau, masyarakat lebih teliti saat membeli makanan olahan. Salah satunya harus ada tercantum izin dari Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM). "Kalau menemukan makanan yang dicurigai mengandung zat berbahaya, segera laporkan," tegasnya. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,