Dikuasai ISIS Puluhan Ribu Warga Fallujah Irak Kelaparan

Dikuasai ISIS Puluhan Ribu Warga Fallujah Irak Kelaparan

Kota Fallujah yang terletak di Provinsi Anbar, sekitar 50 km sebelah barat dari kota Baghdad yang berada di bawah kendali ISIS sejak tahun 2014 saat ini penduduknya dilanda kelaparan. (foto - ist)

Fallujah - Berdasarkan keterangan dari warga sipil yang berhasil melarikan diri dari Kota Fallujah, Irak menyebutkan, penduduk di kota tersebut tengah dilanda kasus kelaparan. Sejauh ini, pemerintah Irak belum berhasil membebaskan kota tersebut dari cengkeraman ISIS.
 
"Apabila mereka tetap tinggal di Fallujah, dipastikan akan menghadapi risiko kelaparan. Namun, jika mereka mencoba melarikan diri, risiko dibunuh oleh militan juga sangat tinggi," sebut Koordinator Media NRC, Becky Bakr Abdullah dalam sebuah laporan.
 
Dikutip dari kantor berita Reuters, Jumat (27/5/2016) sejak Senin lalu militer Irak meluncurkan serangan untuk mengusir kelompok garis keras dari Fallujah, kota yang letaknya 50 km dari barat Baghdad. Fallujah sebagai kota pertama di Irak yang jatuh di bawah kendali ISIS sejak Januari 2014.
 
NRC, yang membantu pengungsi di sebuah kamp selatan Fallujah menyatakan, pertempuran membuatnya sulit menilai sejauhmana situasi yang mengerikan di Fallujah. Seorang warga kepada NRC mengatakan, keluarganya tinggal di wilayah yang sangat kering dan minum dari Sungai Efrat, sebelum meninggalkan Kota Fallujah.
 
Kini, sekitar 50.000 orang terjebak di dalam kota yang tidak memiliki air minum, listrik dan bahan bakar tersebut. Dalam 36 jam terakhir, 40 keluarga berhasil melarikan diri dari Fallujah, dengan bersembunyi di dalam pipa drainase.
 
Sementara itu, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah mendesak militer dan badan bantuan untuk menjamin perjalanan yang aman, khususnya terhadap penduduk yang mencoba melarikan diri dari pertempuran.
 
Serangan untuk merebut kembali Fallujah merupakan bagian dari kampanye Baghdad, untuk menangkap ISIS dan membebaskan wilayahnya dari cengkeraman kelompok itu. Menurut pernyataan militer, pasukannya belum mencapai kota, karena harus berjuang melawan militan di desa-desa sekitarnya. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,