Sejumlah Universitas Uni Eropa Tawarkan 1.600 Beasiswa

Sejumlah Universitas Uni Eropa Tawarkan 1.600 Beasiswa

Uni Eropa Tawarkan 1.600 Beasiswa untuk Pelajar Indonesia di acara Hari Informasi Beasiswa Uni Eropa-Indonesia. (foto - ist)

Jakarta - Delegasi Uni Eropa bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia menyelenggarakan Hari Informasi Beasiswa Uni Eropa-Indonesia, guna memperingati Hari Eropa dan Hari Pendidikan Nasional. Ditargetkan 3.000 peserta akan mendaftarkan diri untuk bisa memperoleh informasi dan kesempatan belajar di sejumlah universitas negara Barat itu.

"Pendidikan tinggi adalah aspek penting dalam kerja sama antara Uni Eropa dan Indonesia. Uni Eropa menyambut hangat warga Indonesia yang ingin mendapatkan peluang pendidikan terbaik yang ditawarkan Eropa," kata Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, Vincent Guerend di Grand Sahid Jakarta, Sabtu (28/5/2016).

Guerend mengatakan, terdapat lebih dari 4.000 institusi perguruan tinggi di kawasan Eropa yang meliputi 15.000 program S2, yang diajarkan dalam bahasa Inggris yang merupakan bagian dari 100 universitas terbaik di dunia.

"Selain kerja sama pendidikan, kerja sama penelitian juga diadakan pameran pendidikan. Untuk membantu para siswa membiayai pendidikan, Uni Eropa dan negara anggotanya menyediakan lebih dari 1.600 beasiswa untuk siswa Indonesia guna melanjutkan pendidikan di benua kami," katanya.

Menurutnya, Eropa menjadi tujuan pendidikan yang semakin populer di kalangan siswa Indonesia, yang berminat untuk belajar di luar negeri. Ada lebih dari 5.000 siswa Indonesia berangkat ke Eropa untuk melanjutkan perkuliahan S1 dan S2 pada 2015. "Secara keseluran, lebih dari 9.000 siswa Indonesia tengah belajar di Eropa saat ini," kata Guerend.

Acara itu juga ditujukan untuk membagikan informasi, mengenai peluang beasiswa untuk calon mahasiswa. Para pengunjung bisa bertemu dan berkonsultasi langsung dengan perwakilan penyelenggara beasiswa di acara tersebut.

"Kami percaya Indonesia memiliki jutaan siswa hebat dan kami ingin mengajak mereka, untuk mendalami pendidikan di Eropa. Hal itu sangat bagus untuk meningkatkan hubungan people to people contact, sesuai dengan salah satu keinginan Presiden," tambah Guerend. (Jr.)**

.

Categories:Pendidikan,
Tags:,