Ribuan Warga Unjuk Rasa Kampanye Trump di San Diego

Ribuan Warga Unjuk Rasa Kampanye Trump di San Diego

Ribuan Warga Unjuk Rasa Kampanye Trump di luar gedung San Diego Convention Center. (foto - ist)

San Diego - Kampanye Donald Trump kembali menuai ricuh. Ribuan orang di San Diego, California melakukan unjuk rasa antara lain dengan mengacungkan bendera anti-Trump. Massa demonstran pun berteriak untuk mengkritik pernyataan Trump tentang imigran.
 
Dikutip Reuters, Sabtu (28/5/2016) kampanye calon presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik tersebut memang relatif tenang selama berada di dalam San Diego Convention Center. Namun, demonstran di luar gedung berbaris dan berteriak anti-Trump.
 
Massa berteriak mengkritik pernyataan Trump tentang imigran, mereka juga melambaikan bendera AS dan Meksiko. San Diego adalah sebuah kota pelabuhan perbatasan antara AS dan Meksiko, di mana hampir 300.000 orang setiap hari melintasi perbatasan ini.
 
Warga San Diego yang tidak menyukai Trump terus melemparkan botol air ke arah polisi yang berjaga-jaga di luar gedung. Belum cukup di luar gedung, para demonstran pun menjalar ke jalan-jalan di sekitarnya. Mereka berteriak menolak miliarder New York itu menjadi presiden.
 
Sementara itu, Kepolisian San Diego mengatakan 35 orang telah ditangkap dan dilaporkan, meski tidak ada kerusakan atau korban jatuh akibat demonstrasi tersebut.
 
Sebelumnya, unjuk rasa juga pecah ketika Trump berkampanye di Alburqueque, perbatasan AS dan Meksiko. Walikota Alburqueque pun menyatakan dengan tegas dirinya tak peduli dengan kampanye Trump, dan tak akan memilih Trump menjadi Presiden AS.
 
Seperti diketahui, sebagian besar kampanye Trump memang diwarnai oleh protes dan kritik warga lewat unjuk rasa. Hal tersebut mengemuka, karena ia sering melontarkan berbagai pernyataan kontroversial selama berkampanye untuk menjadi Presiden AS. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,