Gempa 6,1 SR Guncang Taiwan Aliran Listrik di Taipei Mati

Gempa 6,1 SR Guncang Taiwan Aliran Listrik di Taipei Mati

Sebuah gedung mengalami kerusakan parah setelah dihantam gempa 6,4 SR yang mengguncang Tainan, Taiwan awal Februari lalu. (foto - Reuters/ilustrasi)

Taipei - Taiwan diguncang gempa bumi berkekuatan 6,1 pada skala Richter (SR), yang getarannya dirasakan hingga ibukota Taipei.

Seperti dilaporkan situs Reuters, Selasa (31/5/2016) Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) sebelumnya merekam gempa yang berpusat sekitar 110 kilometer (70 mil) sebelah timur laut Taipei, dengan kekuatan 6,4 SR.

Sementara Biro Cuaca Pusat Taiwan menyebutkan, kekuatan gempa justru mencapai 7,2 SR. Sejumlah saksi melaporkan, getaran bisa dirasakan di gedung-gedung di Taipei, termasuk gedung Parlemen Nasional Taiwan, serta di Bandara Internasional Taoyuan di wilayah selatan ibukota.

Situs pembuat chip kontrak terbesar, Taiwan Semiconductor Manufacturing Inc menyatakan tidak ada dampak terhadap operasinya. Sedangkan berdasarkan laporan warga dan pejabat setempat menyebutkan, tidak ada laporan kerusakan maupun korban jiwa.

Sebelumnya, awal Mei lalu gempa bumi berkekuatan 5,6 pada skala Richter (SR) mengguncang timur laut Taiwan. Badan Survei Geologi Amerika Serikat (US Geological Survey) mengatakan, lokasi gempa berada 14 kilometer (sembilan mil) timur laut dari kota pesisir Su-ao.

Di ibukota Taiwan, Taipei guncangan akibat gempa sangat terasa, terutama bagi warga yang tinggal di apartemen atau rumah susun. Akibatnya, dilakukan pemadaman listrik yang mengakibatkan banyak orang terjebak di dalam lift. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,