Cetak Sejarah, Kunjungan Bandara Husein Naik Signifikan

Cetak Sejarah, Kunjungan Bandara Husein Naik Signifikan

Ruang tunggu di Bandara Husein Sastranegara Bandung yang setiap harinya dipadati wisatawan. (foto - ist)

Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia pada April 2016 mencapai 901,1 ribu orang. Kunjungan tersebut naik 12,37 persen, jika dibandingkan dengan kunjungan pada April 2015.

Namun, peningkatan kunjungan terbesar secara mengejutkan terjadi di Bandara Husein Sastranegara Bandung, yang meningkat 94,63 persen. "Ini pertama kali dalam sejarah. Jumlah kunjungan dalam satu bulan meningkat 94,63 persen, dari bulan Maret sebesar 15.828 kunjungan menjadi 30.806 kunjungan," kata Kepala BPS Suryamin dalam konferensi pers di kantor pusat BPS Jakarta, Rabu (1/6/2016).

Peningkatan kunjungan tersebut tidak terlepas dari popularitas Kota Bandung, terutama dalam hal fashion. Menurut Suryamin, banyak wisatawan asing yang sengaja datang ke Bandung jelang Ramadan, untuk memborong pakaian yang akan dikirim ke luar negeri.

Selain itu, peningkatan itu juga disebabkan banyaknya masyarakat yang memilih untuk menikah menjelang bulan Ramadan. Bandung pun dipilih sebagai tujuan wisata belanja yang cocok untuk mencukupi kebutuhan pernikahan, karena harganya yang memang cukup murah.

"Jadi Bandung ini dipilih karena memang harga barang-barang yang relatif murah. Hal tersebut menjadi alasan utama terhadap peningkatan kunjungan wisatawan ke Kota Bandung," tambahnya. (Jr.)**

.

Categories:Wisata,
Tags:,