Sembilan Orang Terluka Akibat Gempa Pesisir Selatan Sumbar

Sembilan Orang Terluka Akibat Gempa Pesisir Selatan Sumbar

Sembilan Orang Terluka Akibat Gempa Pesisir Selatan Sumbar. (foto - ist)

Padang
Sedikitnya sembilan orang mengalami luka-luka akibat g
empa 6,5 pada skala Richter (SR) yang mengguncang Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat, sekitar pukul 05.56 WIB. 
Mereka terluka akibat terkena pecahan kaca dan tertimpa peralatan rumah tangga.
 
 
Menurut petugas Surveilens dan Penanggulangan Masalah Kesehatan Akibat Bencana Kejadian Luar Biasa Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan, Ratih Pramurti, data sementara ada sembilan korban terluka akibat gempa, yang dirawat di beberapa puskemas serta rumah sakit.
 
Dua orang dirawat di RSUD dr. M Zein Pesisir Selatan. Korban pertama adalah Doni (23) yang mengalami luka di telapak kaki, akibat terkena pecahan kaca saat berlari keluar ketika gempa. Namun, ia kini sudah diizinkan pulang. "Korban kedua adalah Leonardo Pradana (17), kejadiannya di daerah Salido. Korban luka pada telapak kaki sebelah kiri. Korban masih mendapat perawatan di IGD,” katanya, Kamis (2/6/2016).
 
Terdapat juga korban yang dirawat di Kecamatan Lengayang, bernama Winarti (35) dengan kondisi luka berat. Berikutnya, Susi (5) dan Raka (3,5) yang menderita luka ringan. "Mereka dirawat di Puskemas Kambang. Korban gempa Puskesmas Air Haji satu orang bernama Inang Ujang (45). Baru itu yang kita dapat informasi," katanya.
 
Sementara itu, puluhan rumah di Kabupaten Mukomuko rusak akibat gempa itu. Rumah yang rusak ditemukan di sejumlah kecamatan di Kabupaten Mukomuko. ''Data sementara ada puluhan rumah yang rusak, kita terus melakukan pendataan,'' kata Supervisor Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops) BPBD Kabupaten Mukomuko, Hitatun Arazak.
 
Empat unit di antaranya di Kecamatan Lubuk Pinang rusak, dan 27 rumah di Kecamatan V Koto. Sementara 10 rumah di Kecamatan Air Dikit juga mengalami kerusakan. Kerusakan ditandai dengan keretakan di bagian dinding rumah serta ambruknya dinding rumah milik warga. 
Bahkan, gempa itu juga mengakibatkan kerusakan di RSUD Mukomuko. Kondisi retak-retak di bagian dinding serta plafon roboh. (Jr.)**
 

 

.

Categories:Daerah,
Tags:,