Sungai Seine Meluap Kawasan Menara Eiffel pun Tergenang

Sungai Seine Meluap Kawasan Menara Eiffel pun Tergenang

Kawasan Menara Eiffel tergenang banjir akibat Sungai Seine meluap. (foto - reuters)

Paris - Banjir yang melanda wilayah Perancis dan Jerman pekan ini telah menewaskan 11 orang, dan membuat ribuan warga harus meninggalkan rumah mereka. Namun, banjir di Paris diperkirakan akan mencapai puncaknya pada Jumat.
 
Dilansir dari laman BBC, Jumat (3/6/2016) hujan yang lebih deras juga diperkirakan akan terjadi selama akhir pekan. Ketinggian air di Sungai Seine diperkirakan akan melebihi enam meter dari batas normal. Bahkan Museum Louvre dan Orsay pun ditutup, karena para staf harus memindahkan barang-barang karya seni yang tak ternilai untuk diselamatkan.
 
Beberapa kota di selatan Jerman pun terdampak banjir. Wilayah Eropa lain yang juga terpengaruh adalah Belgia dan Polandia. Presiden Perancis, Francois Hollande mengatakan, cuaca di negaranya saat ini adalah fenomena iklim yang sangat serius dan merupakan tantangan global.
 
Hollande berencana untuk menyatakan kejadian itu sebagai bencana alam paling parah, dan akan mengeluarkan dana darurat untuk mengatasinya. Di Paris, pagar darurat telah dibuat Sepanjang sungai Seine yang meluap.
 
Bencana alam itu juga mempengaruhi operasi transportasi yang ada di negara yang terkenal dengan Menara Eiffel itu. Operator kereta api SNCF telah menutup jalur mereka, yang berada di samping Sungai Seine dekat pusat kota Paris.
 
Sekitar 25.000 warga harus bertahan tanpa adanya pasokan arus listrik, sedangkan 3.000 orang lainnya telah dievakuasi dari Kota Nemours. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,