Menteri APEC Hasilkan 7 Kesepakatan

Menteri APEC Hasilkan 7 Kesepakatan

Para delegasi menghadiri pertemuan APEC (Asia-Pacific Economic Cooperation) 2014 di Beijing, Cina. (Foto: Xinhua)

Cina - Para menteri yang tergabung dalam Asia Pasifik meluncurkan sebuah navigasi lanskap regional dan global. Pernyataan itu dibentuk untuk mengubah dan mendorong pemulihan ekonomi global, melalui mempertajam kem itraan di antara negara anggota.
 
Melansir keterangan resmi APEC, Minggu (10/11/2014) dalam pertemuan itu para menteri memprioritaskan untuk mencari sumber pertumbuhan baru. Ini untuk mendorong integrasi ekonomi regional lebih besar, mempromosikan pembangunan yang inovatif, reformasi ekonomi dan pertumbuhan, dan memperkuat investasi infrastruktur dan konektivitas yang lengkap.
 
Dari hasil pertemuan APEC ke-26 di Beijing ada beberapa langkah dalam mengatasi sejumlah tantangan yang signifikan. Yakni sistem perdagangan multilateral di bawah Organisasi Perdagangan Dunia (World Trade Organization/WTO), dengan mempertimbangkan penilaian dari fungsi negosiasi yang diberikan.
 
Langkah itu antara lain, APEC harus mempromosikan penggunaan Interoperable Data Standar global; setiap amggota APEC harus mempromosikan energi terbarukan dan energi bersih (RCE), perdagangan dan investasi;  APEC akan menerapkan kerangka strategis bea 3M; mempromosikan investasi infrastruktur melalui Kemitraan Pemerintah-Swasta; rencana strategis APEC untuk mendorong pembangunan kapasitas guna mempromosikan perdagangan dan investasi; menginisiasi kerjasama Mempromosikan Ekonomi Internet; anggota APEC akan mempererat Kerjasama di Asia Pasifik; dan APEC akan mengusung deklarasi Beijing untuk Melawan Korupsi. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,