Helaran Pawai Budaya Warnai Puncak Peringatan HUT Bogor

Helaran Pawai Budaya Warnai Puncak Peringatan HUT Bogor

Salah satu penampilan dalam rangka memeriahkan puncak Hari Jadi Bogor ke 534. (foto - ist)

Bogor - Parade kereta kencana dan kereta kuda menyemarakkan puncak peringatan Hari Jadi Bogor ke-534, lewat acara Helaran Pawai Budaya, Minggu (5/6/2016).
 
Helaran atau Pawai Budaya yang berlangsung di Jalan Sudirman, Kota Bogor itu antara lain menampilkan berbagai macam kebudayaan. Mulai dari parade berkuda, kereta kencana dan kereta kuda atau delman, juga mobil hias, iring-iringan peserta membawa Jampang (Dongdang) serta penampilan sejumlah sanggar kebudayaan.
 
"Rangkaian Helaran diawali dengan parade berkuda yang ditunggangi oleh Walikota, Wakil Walikota, Sekda, Kapolresta, Dandim, Dandrem, dan Kejaksaan," kata Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Shahlan Rasyidi.
 
Setelah iringan parade kuda, diikuti oleh kereta kencana yang membawa istri para pejabat, antara lain Ibu walikota, wakil walikota, Kapolres, Dandrem, Dandim dan dari kejaksaan. "Ada dua kereta kencana yang disiapkan, yang membawa rombongan istri pejabat Pemkot Bogor tersebut," katanya.
 
Kemudian  ada rangkaian delman yang membawa rombongan Ketua DPRD beserta ketua Komisi masing-masing, tokoh agama dan tokoh masyarakat. Iringan delman berjumlah lebih dari dua. Iringan kereta kuda dan kereta kencana tersebut melewati rute, mulai dari GOR Padjadjaran dan berakhir di Lapangan Sempur. 
 
"Setelah rombongan pejabat melintas, disusul parade budaya, mobil hias, penampilan sejumlah komunitas, pembawa Jampang, dan pawai kostum," katanya. Pawai Budaya kali ini juga diikuti sejumlah wilayah seperti Purwakarta dan Kabupaten Bogor. 
 
Menurutnya, Pawai Budaya Helaran ini merupakan yang keduakalinya diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Bogor, dalam rangka Hari Jadi Bogor (HJB). Tahun ini, dengan konsep yang lebih meriah serta jumlah peserta yang lebih banyak. "Lewat kegiataan itu diharapkan akan mendorong tingkat kunjungan wisata ke Kota Bogor, dan tentunya menggerakkan perekonomian masyarakat terutama UMKM," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,