Di Inggris Umat Muslim Berpuasa Waktunya Lebih Panjang

Di Inggris Umat Muslim Berpuasa Waktunya Lebih Panjang

Di Inggris Umat Muslim menjalankan ibadah puasa waktunya lebih panjang. (foto - ist)

London - Umat Islam di seluruh dunia termasuk di Indonesia, menjalankan ibadah puasa Ramadan mulai Senin. Hal itu sesuai dengan pengumuman Otorita Islam di Arab Saudi dan di Indonesia sebagai negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia, awal Ramadan jatuh pada 6 Juni.

Ketetapan yang sama juga dikeluarkan di Singapura, Yaman, Lebanon, Suriah, Qatar, Kuwait, Yordania, Mesir, Uni Emirat Arab, Afghanistan dan Palestina. Di Inggris, pengumuman yang dikeluarkan Masjid Besar London juga menyebutkan, ibadah puasa selama satu bulan penuh ini dimulai pada hari Senin.

Sementara Kalender Islam (Hijriyah) didasarkan pada pergerakan bulan dan kadang terjadi perbedaan, ketika menetapkan awal Ramadan di berbagai negara. Sedangkan lama puasa di setiap negara berbeda, tergantung dengan letak geografis dan musim.

Dilaporkan BBC, Senin (6/6/2016) di Jakarta yang terletak di ekuator misalnya, puasa dimulai sekitar pukul 04.30 hingga 17.55. Sedangkan di London Inggris yang terletak di belahan Bumi utara dan saat ini tengah musim panas, puasa dimulai pada sekitar pukul 02.55 hingga sekitar 21.25 atau lamanya mencapai sekitar 20 jam.

Bagi umat Islam yang berada di belahan Bumi selatan seperti di Johannesburg, Afrika Selatan maka akan menjalankan ibadah puasa yang lebih pendek. Di kota ini puasa dimulai sekitar pukul 05.31, dan berakhir sekitar pukul 17.21. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,