11 Orang Tewas, 36 Terluka Ledakan Bom Sasar Bus Polisi

11 Orang Tewas, 36 Terluka Ledakan Bom Sasar Bus Polisi

Ledakan Bom Sasar Bus Polisi di Kawasan Beyazit Squre Suriah. (foto - Reuters)

Istanbul - Sedikitnya 11 orang termasuk 7 polisi dinyatakan tewas dan 36 orang lainnya mengalami luka serius, menyusul ledakan yang terjadi pada jam sibuk yang menyasar sebuah bus polisi di pusat Kota Istanbul. Bom yang dikendalikan dari jarak jauh melalui remote kontrol itu diledakkan saat bus itu melewati Distrik Vezneciler, Selasa pagi.

Kekerasan di Turki meningkat belakangan ini terkait dari ketegangan dengan separatis Kurdi dan konflik di negara tetangga, Suriah. Ledakan terjadi pada jam sibuk di pagi hari, di dekat kawasan Beyazit Square yang bersejarah dan menjadi tujuan wisata utama kota itu. Tayangan televisi menunjukkan polisi bersenjata lengkap dikerahkan di jalan yang dekat ke lokasi serangan.

Seperti dilaporkan Guardian, Selasa (7/6/2016) situasi keamanan di Turki memang sedang rawan setelah terjadi dua serangan bom di Istanbul tahun ini, yang diduga dilakukan oleh kelompok militan ISIS.

Sementara sepasang serangan bom di Ankara yang diklaim dilakukan oleh kelompok militan Kurdi PKK, mengakibatkan puluhan orang tewas. Sejauh ini, belum ada pihak yang menyatakan bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Sementara itu, Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan kelompok-kelompok teror menargetkan warga sipil karena mereka sudah tak mampu melawan pasukan keamanan Turki.

Turki merupakan bagian dari koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS) yang menghadapi ISIS dan menyediakan pangkalan udaranya di Incirlik bagi negara-negara koalisi untuk melancarkan serangan ke Irak dan Suriah. Gencatan senjata berumur dua tahun antara Turki dan militan Kurdi PKK tak lagi berlaku sejak musim panas lalu. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,