Sri Mulyani Masuk Daftar 'Power Women' 2016 versi Forbes

Sri Mulyani Masuk Daftar 'Power Women' 2016 versi Forbes

Sri Mulyani masuk 'Power Women 2016' versi Majalah Forbes yang berada di peringkat 37. (foto - ist)

Jakarta - Mantan Meneteri Keuangan Indonesia ke-26, Sri Mulyani Indrawati menjadi satu-satunya orang Indonesia yang masuk dalam daftar 100 besar perempuan paling berpengaruh (Power Women) 2016 di dunia. Ia menempati posisi ke-37 yang disusun Majalah Forbes.

Seperti dilansir Forbes, Selasa (7/6/2016), posisi Sri Mulyani tergeser beberapa peringkat dari daftar Power Women 2015. Pada Power Women 2015, Sri Mulyani berada di posisi 31.

Forbes merilis, sebagai Managing Director World Bank, Sri Mulyani bertugas menyatukan ide-ide terbaik dan orang-orang dari 188 negara. Ia juga bertugas mengawal tujuan World Bank untuk mencapai tujuan mengakhiri kemiskinan dan pencapaian kemakmuran dunia.

Dalam sebuah makalah yang baru-baru ini dipublikasikan,Sri Mulyani menyoroti pentingnya tindakan untuk menutup kesenjangan kesempatan gender. Ia menulis, secara global partisipasi angkatan kerja perempuan telah mengalami stagnasi atau turun.

Berdasarkan studi global, Sri Mulyani juga mencatat ketika perusahaan memiliki figur perempuan dalam kepemimpinan mereka, perusahaan tersebut cenderung sehat dan memiliki lebih sedikit risiko skandal atau penipuan.

Sementara itu, peringkat teratas dalam daftar "Power Women 2016" versi Majalah Forbes yang dilansir BBC, masih dipegang oleh Kanselir Jerman, Angela Merkel. Peringkat kedua diduduki oleh bakal calon presiden AS dari Partai Demokrat, Hillary Clinton yang pernah menjabat Menteri Luar Negeri. Clinton disusul oleh sesama perempuan Amerika, Janet Yellen yang memimpin Bank Sentral Amerika dan berkantor di Washington.

Sedangkan jumlah perempuan Cina yang masuk daftar itu mencapai sembilan orang, dengan Lucy Peng (eksekutif senior perusahaan jual beli internet, Alibaba) dan Margaret Chan (Direktur Jenderal Badan Kesehatan Dunia atau WHO) duduk di peringkat 35 dan 38.

Bagaimanapun dengan Amerika Serikat tetap mendominasi dengan 51. Survei menampilkan 100 wanita dari 29 negara yang mewakili berbagai sektor seperti politik, bisnis, teknologi dan filantropi. Forbes menyebutkan, para wanita di daftar ini menguasai 1 triliun dolar AS, dan mempengaruhi lebih 3,6 miliar orang di dunia. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,

terkait

    Tidak ada artikel terkait