Pemimpin Negara Islam (IS) Abu Bakr Al-Baghdadi Cedera

Pemimpin Negara Islam (IS) Abu Bakr Al-Baghdadi Cedera

Pemimpin Negara Islam (IS) Abu Bakr Al-Baghdadi

Baghdad -  Pemimpin utama Negara Islam (IS) Abu Bakr Al-Baghdadi cedera dalam serangan udara sebelumnya, yang juga menewaskan beberapa pemimpin IS, kata stasiun televisi negara Irak. seperti yang diserukan Kementerian Dalam Negeri Irak, Minggu (9/11/2014). 
 
"Satu serangan udara yang ditujukan kepada satu pertemuan anggota IS melukai Abu Bakr Al-Baghdadi dan menewaskan beberapa pemimpin senior kelompok garis keras itu," kata televisi Iraqiya, yang mengutip pernyataan Kementerian Dalam Negeri. Tapi stasiun berita milik negara Irak itu tidak memberi perincian lebih lanjut mengenai kapan dan dimana tepatnya serangan udara tersebut berlangsung.

Sebelumnya, seorang pejabat keamanan dari Provinsi Nineveh di Irak Utara memberitahu Xinhua bahwa ia tak bisa mengkonfirmasi laporan yang mengatakan serangan udara oleh koalisi pimpinan AS ditujukan kepada rombongan kendaraan di dekat Mosul, Ibu Kota Provinsi Ninenveh.

"Kami tak bisa mengkonfirmasi berita mengenai kematian atau cedaranya Abu Bakr Al-Baghdadi, sebab semua yang kami miliki hanyalah laporan intelijen kami yang mengatakan sebanyak 45 gerilyawan fanatik tewas dan cedera oleh serangan udara koalisi pimpinan AS di dekat Mosul  pada Jumat  (7/11) larut malam ," kata Mohammed Ibrahim, Kepala Komite Keamanan Dewan Provinsi Nineveh, melalui telepon, kepada Xinhua.

Ibrahim juga mengatakan dua tokoh senior IS --warga negara Libya dan Arab Saudi-- termasuk di antara korban tewas selama serangan udara koalisi yang menghancurkan beberapa kendaraan bersenjata dan posisi kelompok fanatik IS.

Pada Sabtu (8/11/), Kolonel Patrick Ryder, Juru Bicara Komando Pusat, mengatakan di dalam satu pernyataan ia tak bisa mengkonfirmasi apakah pemimpin utama IS Abu Bakr Al-Baghdadi berada di dalam rombongan kendaraan tersebut, yang terdiri atas 10 truk bersenjata.

"Saya bisa mengkonfirmasi pesawat koaliai memang melancarkan serangkaian serangan udara semalam di Irak terhadap apa yang dinilai sebagai pertemuan para pemimpin IS di dekat Mosul," kata juru bicara itu, sebagaimana dilaporkan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Senin pagi. "Kami tak bisa mengkonfirmasi apakah pemimpin IS Abu Bakr Al-Baghdad termasuk di antara yang hadir," ia menambahkan.(Ode)**

 

.

Categories:Internasional,