Anggota Parlemen Inggris Kritis Usai Ditembak dan Ditikam

Anggota Parlemen Inggris Kritis Usai Ditembak dan Ditikam

Anggota parlemen Inggris Jo Cox. (foto - telegraph.co.uk)

London - Seorang anggota parlemen Inggris Jo Cox dikabarkan dalam kondisi kritis, setelah ditembak dan ditikam oleh seorang pria. Ketika itu, perempuan anggota Partai Buruh itu tengah berkunjung ke daerah konstituen di Batley and Spen, ditikam dan ditembak. Seorang pria di dekatnya dilaporkan juga terluka atas insiden tersebut.

Seorang pria berusia 52 tahun ditahan di dekat Market Street. Polisi belum mengetahui motif dari penyerangan tersebut. Menurut otoritas setempat, Cox dilarikan ke rumah sakit dengan ambulans helikopter dan membutuhkan pembedahan atas lukanya.

Sebagaimana dilansir BBC, Kamis (16/6/2016) Asisten Cox mengonfirmasi serangan terhadap anggota parlemen itu. Berdasarkan penuturan salah seorang saksi mata, dirinya mendengar suara teriakan dan keributan yang diikuti dengan suara letusan atau tembakan.

"Ketika aku melihat situasi di sekeliling tampak seorang pria berumur 50-an dengan topi baseball putih dan jaket dengan menggenggam senjata di tangannya. Senjata itu terlihat seperti senjata tua," kata saksi mata Clarke Rothwell.

"Ia menembak perempuan itu sekali lantas menembak lagi. Pria itu lalu jatuh ke tanah dan menembak ke arah muka perempuan itu," lanjut Rothwell. "Seseorang coba menghentikan. Namun ia mengeluarkan pisau, seperti pisau berburu dan mulai menikam perempuan itu hingga beberapa kali. Orang-orang berteriak dan berlarian," papar Rothwell.

Sementara saksi lainnya, Hithem bin Abdalah mengatakan, Cox tergeletak di tanah dan berdarah setelah serangan itu. Abdalah tengah berada di kafe dekat perpustakaan saat mendengar suara teriakan. Ia keluar dari kafe pukul 13.00 waktu setempat. "Ada seorang pria berusaha menghentikan penyerang," katanya.

Menurut pria berusia 56 tahun itu, senjata yang dibawa penyerang tampak seperti senjata rakitan. "Pria itu menembak dua kali dan menendang perempuan itu meski ia telah terjatuh ke tanah tak berdaya," tegas Abdalah.

Pemimpin Partai Buruh, Jeremy Corbyn dalam twitter-nya menyatakan, ia kaget atas serangan itu. Senada dengan Perdana Menteri Inggris, David Cameron yang berdoa agar Cox pulih. Jo Cox lahir di Batley dan dipilih sebagai anggota parlemen pada 2015. Ibu dari dua orang anak itu mengenyam pendidikan di Universitas Cambridge dan lulus pada 1995. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,