Kotak Hitam Kedua Milik EgyptAir MS804 Ditemukan

Kotak Hitam Kedua Milik EgyptAir MS804 Ditemukan

Kotak Hitam Kedua Milik EgyptAir MS804 Ditemukan. (foto - ilustrasi)

Kairo - Hanya berselang sehari dari kotak hitam pertama, Komite Investigasi Mesir berhasil menemukan kotak hitam kedua milik pesawat EgyptAir dengan nomor penerbangan MS804.

Informasi ditemukannya kotak hitam itu disampaikan oleh Komite Investigasi dan diberitakan  Reuters, Jumat (17/6/2016). Penemuan kotak hitam ini diharapkan bisa memecahkan misteri jatuhnya pesawat berjenis Airbus A320 pada 19 Mei 2016, dalam penerbangan dari Paris menuju Kairo.

Sehari sebelumnya,  Komite Investigasi mengumumkan penemuan kotak hitam dari ruang kokpit (cockpit voice recorder - VCR). Namun menurut pihak komite, kotak hitam ituditemukan dalam kondisi rusak. Mereka berusaha menemukan puing-puing untuk membuat kotak hitam itu bisa diselidiki.

Saat ini kotak hitam dari ruang kokpit sudah dipindahkan ke kota pelabuhan Iskandariyah, Mesir. Menurut komite, setelah tiba di darat kotak tersebut akan diserahterimakan pada anggota komite yang akan membongkar dan menganalisis data.

Perekam suara biasanya berisi 30 menit percakapan terakhir di kokpit dan dilengkapi alat deteksi khusus, bahkan bisa mendeteksi hembusan napas yang keras. Para ahli mengatakan, dibutuhkan waktu 48 jam untuk mengambil data dari perekam tersebut, kecuali jika perekamnya rusak.

EgyptAir MS804 menghilang dari radar tanpa memberikan pesan adanya kondisi darurat. Pesawat itu jatuh di Laut Mediterania dengan kedalaman sekitar 3.000 km. Pesawat itu mengangkut 66 penumpang dan awak dari berbagai kebangsaan. 

Sejumlah analisis mengatakan, sebelum  pesawat menghilang, ada asap yang terdeteksi muncul dari ruang toilet, dan kemungkinan menyebar ke ruang kokpit. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,