Israel Larang Ratusan Warga Palestina ke Masjid Al Aqsa

Israel Larang Ratusan Warga Palestina ke Masjid Al Aqsa

Masjid Al Aqsa di Yerusalem

Tepi Barat - Ratusan warga Palestina pagi ini hendak menjalankan ibadah di Masjid Al Aqsa di Yerusalem, dicegat tentara Israel. Mereka tidak mengetahui pasti alasan larangan tersebut.

Para pria yang berusia di bawah 45 tahun itu dilarang masuk ke Yerusalem, tanpa pengeculian. Ada beberapa orang yang membawa surat izin masuk, tetapi mereka tetap tidak dibiarkan menginjakkan kakinya ke Yerusalem.

Seperti diwartakan Middle East Monitor, Jumat (17/6/2016) penduduk yang berusia di atas 60 tahun diizinkan masuk. Namun, mereka harus melakukan perjalanan dari Jalur Gaza, untuk menuju Yerusalem. 

Warga Palestina sendiri sudah mulai mengantre di Qalandia sejak pagi, untuk bisa sampai tepat waktu di Masjid Al Aqsa. Pasalnya, untuk masuk ke Yerusalem, mereka harus melalui pemeriksaan keamanan ketat oleh tentara Israel.

Selama lebih dari lima dekade, perundingan demi perundingan, gagal menyelesaikan konflik Palestina dan Israel di tanah Yerusalem. Tuntutan Palestina hanya satu, Yerusalem Timur harus jadi ibukotanya.

Namun, Israel berkeras hati atas permintaan negara tetangganya. Mereka terus mengokupasi lahan, persediaan air dan lintasan udara Palestina. Seolah semua itu pekarangan mereka sendiri. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,