Belasan Kios di Pasar Kanjengan Semarang Ludes Terbakar

Belasan Kios di Pasar Kanjengan Semarang Ludes Terbakar

Belasan Kios di Pasar Kanjengan Semarang Ludes Terbakar. (foto - ist)

Semarang - Kebakaran malanda Pasar Kanjengan yang berada di kawasasan Pasar Johar Semarang, Sabtu (18/6/2016) sekitar pukul 10.30 WIB. Petugas pemadam kebakaran berhasil menjinakkan api sekitar empat jam, yang melalap sejumlah kios di Blok E.

Menurut Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang A Rudianto, pihaknya sempat kesulitan untuk memadamkan api yang membakar belasan kios di pasar Kanjengan. Sebab, sejumlah kios yang terimbas kebakaran masih dalam kondisi terkunci.

"Karena terkunci, kami jadi kesulitan untuk mendobrak karena jendelanya pakai teralis. Akhirnya butuh waktu agak lama," katanya. Kebakaran terparah melanda sebuah toko plastik di kawasan Blok E lantai 2. Sebab di toko itu sejumlah barang berbahan plastik yang mudah terbakar sehingga api mudah membesar.

"Di lokasi itu kita sudah semburkan foam tapi tetap saja tidak berpengaruh. Jadi kami harus dari berbagai arah memadamkan," ujarnya.

Dalam kejadian itu sedikitnya 20 mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi. Api yang berkobar akhirnya dapat dijinakkan setelah empat jam lamanya. Saat ini proses pendinginan masih dilakukan, tapi beberapa kali terlihat asap hitam masih mengepul ke atas. "Ini sudah pendinginan di lokasi yang terbakar," kata Rudi.

Akibat kebakaran itu setidaknya 16 kios dari 20 kios di Blok E ludes  terbakar. Salah seorang saksi kebakaran, Sri Sukamti mengatakan api berkobar sekira jam 10.30 dari sisi Timur blok E Pasar Kanjengan. Ia menduga, penyebab kebakaran akibat konsleting listrik. "Awal kebakaran dengar teriakan, katanya korsleting listrik. Tapi tidak tahu juga benarnya," katanya.

Sejauh ini, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun seorang petugas pemadam kebakaran sempat mengalami luka ringan, akibat terkena pecahan kaca saat memadamkan api. Kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,