9 Orang Tertimbun, Longsor Landa Kebumen & Banjarnegara

9 Orang Tertimbun, Longsor Landa Kebumen & Banjarnegara

Sembilan orang dinyatakan tewas tertimbun saat longsor menerjnag wilayah Kebumen dan Banjarnegara Jawa Tengah. (foto - ilustrasi)

Banjarnegara - Wilayah Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah kembali dilanda longsor, tepatnya menerjang Desa Gumelan Kulon, Kecamatan Susukan Banjarnegara, Sabtu (18/6/2016) sore. Longsor menyebabkan tiga warga meninggal akibat tertimbun reruntuhan.

Tim gabungan berhasil mengevakuasi tiga korban tersebut, masing-masing Sudarno (40 tahun), Ahmad Bahrudin (40 tahun) dan Wato (40 tahun). Longsor pertama menimbun sejumlah ruas jalan yang kemudian dibersihkan warga di RT 3 RW 10 Desa Gumelan Kulon.

Berdasarkan informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah, longsor terjadi akibat hujan deras yang mengguyur sejak pukul 14.30 WIB. "Saat hujan warga kerja bakti membersihkan longsoran tiba-tiba terjadi longsor susulan, sehingga menimbun tiga warga," kata Kepala BPBD Jateng, Sarwa Pramana.

Menurutnya, hujan dengan intensitas tinggi juga menyebabkan  longsor di tempat lain dan menimbun dua rumah dan satu gedung PAUD Setia Abadi hingga roboh. Saat ini tim Reaksi Cepat BPBD Banjarnegara dan tim gabungan dari Kodim 0704 BNA, Polres Banjarnegara, Puskesmas Susukan dan sukarelawan masih melakukan penanganan darurat. 

Antara lain dengan membuka posko gabungan dan mengerahkan sukarelawan dan lainnya. "Kami masih melakukan koordinasi dengan jajaran terkait, untuk melakukan langkah operasi evakuasi," katanya.

Sementara itu, Andri Sulistyo dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Banjarnegara mengatakan, hujan yang melanda wilayah Jawa Tengah bagian selatan juga menyebabkan membuat banjir bandang dan longsor di sejumlah titik. Selain di Banjarnegara longsor juga melanda Kebumen, enam orang meninggal dunia karena tertimbun.

Sedangkan di Desa Sampang, Kecamatan Sempor, Kebumen longsor juga menewaskan sedikitnya enam orang. Tiga orang sudah diketahui identitasnya yakni Rusmin, Kasimun dan Musito. Selain itu sejumlah daerah mulai dari Somagede Banyumas, Kebumen hingga Purworejo terendam banjir. Ratusan orang diungsikan ke tempat yang lebih aman. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,