Kontingen Olimpiade Rio de Janeiro 2016 Dikukuhkan

Kontingen Olimpiade Rio de Janeiro 2016 Dikukuhkan

Kontingen Olimpiade Rio de Janeiro 2016 Dikukuhkan. (foto - ist)

Jakarta Kontingen Indonesia menuju Olimpiade Rio de Janeiro 2016 dikukuhkan dan dilepas Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi di Wisma Menpora Senayan, Jakarta, Selasa (21/6) sore. Mewakili rekan-rekannya, atlet lompat jauh Maria Londa dan lifter Tri Yuli Irawan membacakan janji atlet.

"Saya yakin apa yang kita lakukan dan usahakan tidak akan ada yang sia-sia. Tentu kita semua saling mendoakan teman-teman kita yang sekarang masih berjuang untuk berangkat menuju Rio. Marilah kita kukuhkan cita-cita mengibarkan Merah Putih di Olimpiade," kata Menpora.

Menurut Menpora, sebagai bentuk penghormatan kepada para atlet, pemerintah meluncurkan program penghargaan masa tua. "Pemerintah sudah meluncurkan program untuk para atlet Indonesia. Yakni program penghargaan masa tua. Itu suatu bentuk penghormatan kita kepada para atlet, yang telah mengharumkan nama Bangsa Indonesia," tegasnya.

Dalam pengukuhan yang dihadiri para atlet dan pejabat olahraga nasional itu, Menpora menyerahkan bendera Merah Putih kepada Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Erick Tohir. Erick pun menyerahkan bendera Merah Putih kepada ketua kontingen Olimpiade Indonesia Raja Sapta Oktohari.

Pemerintah memberikan mandat kepada CDM Raja Sapta untuk memimpin kontingen Merah Putih agar berjaya di olimpiade. "Kita semua mendukung serta mensupport para atlet yang akan bertanding nanti. Kalian semua harus memiliki mental juara dan meyakini kalian adalah yang terbaik. Kita percayakan untuk hasil yang terbaik kepada Raja Sapta selaku Chief De Mission Olimpiade Rio" kata Imam.

Seperti diketahui, pengukuhan dan pelepasan kontigen Merah Putih ke Olimpiade dimajukan sepekan karena pertimbangan teknis. Sebab, sebagian atlet akan pergi ke tempat yang lain. Seperti angkat besi ke Capetown, untuk latihan dan bulu tangkis langsung ke kamp di Sao Paolo.

Tercatat sudah 26 atlet Indonesia akan tampil di Olimpiade 2016. Terdiri atas cabang bulutangkis yang meloloskan 10 atlet, angkat besi 7 atlet, panahan 4 atlet, dayung 2 atlet, balap sepeda 1 atlet, atletik 1 atlet dan satu atlet renang dari wild card. Jumlah kontingen masih bisa bertambah karena ada cabor yang akan menjalani kualifikasi terakhir. Jumlah atlet yang lolos ke Olimpiade 2016 sudah dipastikan lebih banyak dari kontingen Olimpiade 2012 yakni 22 atlet. (Jr.)**

.

Categories:Olahraga,
Tags:,