Sambaran Petir Saat Hujan di India Menewaskan 79 Orang

Sambaran Petir Saat Hujan di India Menewaskan 79 Orang

Sambaran petir saat hujan di India menewaskan 79 orang. (foto - ilustrasi)

New Delhi - Berdasarkan keterangan pihak Otoritas India, sedikitnya 79 orang tewas akibat tersambar petir di negara bagian India antara lain Bihar, Jharkhand dan Madhya Pradesh.Yakni 50 orang tewas di Bihar, 10 orang tewas di negara bagian Timur Jharkhand, dan setidaknya 16 tewas di Madhya Pradesh.

Seperti dilansir laman BBC, Rabu (22/6/2016) sebagian korban sambaran petir itu adalah mereka yang bekerja di bidang peternakan, saat hujan turun dengan lebat pada hari Selasa kemarin. Peristiwa alam berupa sambaran petir seperti itu umum ditemukan di India selama terjadi hujan deras.

Di Bihar misalnya, kematian terjadi antara lain di Nalanda, Aurangabad, Rohtas, Purnea, Munger, Gaya, Saharsa, Bhagalpur, Banka dan Kaimur. Menurut Biro Bencana Nasional, setidaknya 2.000 orang tewas karena sambaran petir di India setiap tahun, sejak tahun 2005.

Selama musim hujan, India menerima 80 persen curah hujan yang berlangsung antara bulan Juni dan September. Hal itu berbanding terbalik dengan gelombang panas yang terjadi di India pada April. Setidaknya 330 juta orang di India terkena dampak kekeringan, akibat gelombang panas yang terus meningkat hingga 40 derajat Celcius pada pertengahan April 2016 lalu. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,