32 Warga Sipil Tewas Akibat Serangan Udara Rusia di Suriah

32 Warga Sipil Tewas Akibat Serangan Udara Rusia di Suriah

32 warga sipil tewas akibat serangan udara militer Rusia di Suriah. (foto - ist)

Raqqa - Sedikitnya 32 warga sipil tewas dan 150 orang lainnya mengalami luka-luka, menyusul serangan udara Rusia yang menargetkan kelompok militan ISIS. Demikian Informasi berdasarkan laporan dari kelompok aktivis di Suriah.
 
Sebagaimana diberitakan Aljazeera, Kamis (23/6/2016), berdasarkan keterangan dari Observatorium Suriah untuk HAM, 25 orang korban tewas adalah warga sipil, termasuk enam orang anak-anak. Informasi tersebut.
 
Serangan udara tersebut dilakukan militer Rusia, setelah ISIS memukul mundur pasukan pemerintah dari Kota Tabqa. Kota itu terbilang strategis karena terdapat bendungan terbesar Suriah, termasuk sebuah pangkalan udara.
 
Sementara pasukan pemerintah dan milisi sekutu telah menguasai wilayah itu sekitar tujuh kilometer dari bandara tersebut. Pangkalan udara itu sebelumnya dikuasai oleh ISIS, setelah mereka melancarkan serangan pada Agustus 2014 lalu.
 
ISIS selama ini diketahui telah memberlakukan aturan ketat di Kota Raqqa, dan terus melakukan kekejaman terhadap penduduk sipil. Hal itu mereka lakukan sejak mereka mengambil-alih tempat tersebut dua tahun lalu.
 
Meski demikian, kelompok militan itu berada di bawah tekanan dari militer Irak, Suriah dan Libya dalam beberapa pekan terakhir ini. Bahkan, analisis IHS Jane menyebutkan, ISIS telah kehilangan sekitar 14 persen teritorialnya pada 2015. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,