Cheerio, Hasil Referendum Inggris Keluar dari Uni Eropa

Cheerio, Hasil Referendum Inggris Keluar dari Uni Eropa

Hasil Referendum Inggris keluar dari Uni Eropa. (foto - ist)

London - Selamat tinggal Uni Eropa, Cheerio! Demikian keputusan final setelah dilaksanakannya penghitungan suara Referendum Uni Eropa (Brexit) di ratusan wilayah Inggris, baik di Irlandia, Skotlandia dan Wales, sebanyak 52 persen menginginkan keluar dari Uni Eropa.

Sementara 48 persen rakyat Inggris lainnya masih ingin bertahan di organisasi regional Benua Biru itu, yang sudah diikuti Inggris dalam kurun waktu 43 tahun terakhir. Dari hasil yang sudah dikalkulasikan, Jumat (24/6/2016) pagi waktu setempat, sedianya hasil suara Referendum Uni Eropa yang sudah digelar sejak kemarin masih menyisakan perhitungan suara di delapan area dari 384 area voting.

Namun demikian, jumlah suara untuk voting "Brexit" atau kubu yang menginginkan Inggris keluar dari Uni Eropa, sudah mencapai batas kemenangan di angka 16.757.766 suara, dengan presentase mencapai 52 persen berbanding 48 persen.

Sementara hasil final penghitungan suara referendum baru akan diumumkan Perdana Menteri (PM) Inggris, David Cameron sebelum pembukaan Bursa Efek London. "Terpukul atas keputusan ini, di mana saya mencemaskan kita akan menyesalinya. Kita harus bersatu sebagai satu negara demi kebaikan Inggris," kata anggota Parlemen Eropa dari Partai Konservatif Inggris, Anthea McIntyre, seperti dilansir Stoke Sentinel, Jumat (24/6/2016).

"Jelas, mereka (rakyat) sudah memilih untuk meninggalkan Uni Eropa. Hasil ini harus dihormati dan proses penarikan status keanggotaan harus dilakukan dengan tenang dan hati-hati," timpal anggota Parlemen Eropa lainnya dari Partai Konservatif Inggris, Daniel Dalton. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,