Cantiknya Rafflesia Kelopak Enam Mekar di Bengkulu

Cantiknya Rafflesia Kelopak Enam Mekar di Bengkulu

Bunga Bangkai atau Rafflesia kelopak enam mekar di Bengkulu. (foto - ist)

Bengkulu - Bunga bangkai atau Raflesia (Raflesia arnoldii) kembali mekar di Bengkulu. Namun kali ini ada yang unik dengan bunga yang memiliki bau menyengat seperti bau bangkai itu. Biasanya hanya ada empat atau lima kelopak setiap kali mekar. 

Kali ini bunga yang mekar di kawasan hutan lindung Bukit Daun Bengkulu itu, mempunyai enam kelopak. Keunikan bunga bangkai tersebut berhasil menyita perhatiandi kalangan netizen, Sabtu (25/6/2016).

Lokasi mekarnya bunga Rafflesia tersebut berada di Hutan Lindung Bukit Daun itu, tepatnya di jalan lintas Bengkulu menuju Kabupaten Kepahiang kilometer 48. Lokasinya hanya berjarak sekitar 15 meter dari jalan raya. Bunga itu akan mekar sempurna dalam lima hari ke depan. Diameter maksimal diperkirakan mencapai 70 cm.

Berdasarkan keterangan dari sejumlah warga yang tergabung dalam komunitas di wilayah Bengkulu Tengah, bunga Rafflesia berkelopak enam itu pun sebelumnya pernah mekar di wilayah Kabupaten Kepahiang dan Kabupaten Kaur.

Sementara itu, Koordinator Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL) Bengkulu, Sofian menyebutkan, habitat bunga Rafflesia antara lain berada di Hutan Lindung Bukit Daun (Bengkulu Tengah), Bengkulu Utara dan Kabupaten Kaur. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,