Jalur Lingkar Jatigede Darmaraja-Wado Telah Bisa Dilintasi

Jalur Lingkar Jatigede Darmaraja-Wado Telah Bisa Dilintasi

Jalan Lingkar Wado Sumedang dilihat dari Google Maps. (foto - youtube)

Bandung - Meski masih terdapat pembangunan yang belum terselesaikan di sejumlah titik, seperti salah satunya jembatan lingkar Jatigede, sejumlah kendaraan telah bisa melintasi jalur Jalan Lingkar Jatigede di wilayah Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang, Minggu (26/6/2016).

Ruas jalan yang menghubungkan antara Kecamatan Darmaraja Kabupaten Sumedang dan Wado menuju Malangbong Kabupaten Garut tersebut, dikabarkan sudah mulai bisa dilintasi pada H-7 Lebaran. 

Sementara itu, Polda Jabar mengklaim kondisi jalur mudik yang melintasi Jawa Barat sudah siap 95 persen. Sejumlah perbaikan dan penanganan masalah di jalur mudik masih terus berlangsung hingga saat ini.

Menurut Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Yusri Yunus, secara keseluruhan kondisi jalur mudik baik pantura, tengah, selatan dan Tol Cipali siap dilalui para pemudik. Meski demikian, berdasarkan hasil evaluasi dan peninjauan, sejumlah titik masih dalam proses perbaikan.

Antara lain, perbaikan jalan di ruas Tol Cipali kilometer 103.400, yang mengalami penurunan bahu jalan/lajur setinggi 25-35 sentimeter,  akibat hujan deras yang teus mengguyur wilayah itu. "Saat ini sedang berlangsung pemasangan tiang pancang untuk menahan beban lajur darurat," katanya.

Seluruh perbaikan pun diyakini akan rampung tanggal 30 Juni 2016 nanti, sehingga pada 1 Juli 2016 arus lalu lintas dibuka secara normal," kata Yusri.

Diakui, minimnya lampu penerangan jalan umum (PJU) di jalur alternatif juga menjadi catatan Polda Jabar, berdasarkan hasil pengecekan. Pihaknya telah melaporkan hal itu kepada pemerintah daerah dan pusat, untuk segera menambah dan memasang PJU di jalur alternatif.

Untuk pengamanan menghadapi arus mudik dan balik Lebaran, lanjut Yusri, setiap polres atau polrestabes telah mendirikan pos terpadu. Polda Jabar berencana akan menggelar pasukan pengamanan Operasi Ramadaniya pada 30 Juni 2016. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,