Daeng Azis Pikir-pikir untuk Menerima Vonis 10 Bulan

Daeng Azis Pikir-pikir untuk Menerima Vonis 10 Bulan

Persidangan Daeng Azis di Pengadilan Negeri Jakarta Utara. (foto - ist)

Jakarta - Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara menjatuhkan vonis 10 bulan terhadap tokoh Kalijodo, Abdul Azis atau Daeng Azis, terdakwa kasus pencurian listrik di Cafe Intan Kalijodo Jakarta, Kamis (30/6/2016). Sidang tang dimulai pukul 14.30 WIB, dipimpin Hakim Ketua Hasoloan Sianturi.

Dalam persidangan dibacakan seluruh berkas perkara atas terdakwa Daeng Azis, setelah itu majelis hakim membacakan vonis. Azis terbukti melanggar Undang-undang No 30 tahun 2009 Pasal 51 ayat 3 tentang Ketenagalistrikan. Dengan bukti dua sambungan listrik liar dengan tiang listrik, secara sah Daeng Azis telah melakukan pelanggaran hukum.

"Terdakwa Abdul Azis terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah, melakukan tindak pidana menggunakan tenaga listrik dengan melawan hukum. Terhadap terdakwa dijatuhkan vonis 10 bulan dan denda Rp 100 juta subsider lima bulan kurungan," kata Hasoloan Sianturi.

Sebelum membacakan vonis, majelis hakim membacakan faktor-faktor yang meringankan dan memberatkan bagi terdakwa Abdul Azis. Faktor memberatkan terdakwa dapat keuntungan penggunaan listrik negara lebih dari satu tahun, dan terdakwa juga pernah dihukum. Faktor yang meringankan, terdakwa sopan, menyesali perbuatan dan santun.

Atas vonis tersebut, terdakwa Daeng Azis dan tim kuasa hukumnya menyatakan akan pikir-pikir dahulu. "Yang mulia, saya ajukan pikir-pikir untuk tujuh hari ke depan. Nanti akan disampaikan oleh tim kuasa hukum saya," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,

terkait

    Tidak ada artikel terkait