Pembukaan dan Penutupan PON 2016 Diputuskan di GBLA

Pembukaan dan Penutupan PON 2016 Diputuskan di GBLA

Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Bandung.

Bandung - Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Bandung resmi dinyatakan sebagai lokasi pembukaan dan penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XVI,  Hal diputuskan setelah Ketua Pengurus Besar PON XVI Ahmad Heryawan menandatangani Surat Keputusan (SK) penetapan, Kamis malam lalu.

"Semalam diputuskan opening ceremony diselenggarakan di Stadion GBLA Kota Bandung," kata Gubernur Jawa Barat di Gedung Sate Bandung, Jumat (1/7/2016). Menurut Aher, keputusan menggunakan GBLA didasarkan beberapa pertimbangan. 

Pertama, sejak awal stadion ini memang akan digunakan opening ceremony. Namun karena tersandung urusan hukum, maka penggunaan GBLA untuk acara pembukaan PON dipindahkan ke Stadion xi Jalak Harupat. "Kami membutuhkan kepastian agar jadi atau tidaknya Jalak Harupat untuk opening ceremony, meski telah dilakukan perbaikan namun tetap akan berguna," katanya

Pertimbangan lainnya, hampir seluruh kontingen di Indonesia dan KONI mengusulkan, mendoakan, menyarankan dan mengharapkan acara pembukaan di GBLA, sehingga jarak antara lokasi acara berdekatan dengan penginapan. "Harapan itu  jadi penguat. Utamanya tentu kesiapan, kalau tidak siap tidak akan bisa," tegasnya.

Secara persyaratan, kesiapan bisa dikebut. Penentuan GBLA juga untuk mempercepat persiapan. Selama ini, pengerjaan persiapan opening ceremony dilakukan di dua tempat, sehingga fokus pengerjaan terbagi-bagi.

Kini, persiapan difokuskan di GBLA sehingga percepatan perbaikan dan persiapan lainnya bisa lebih terfokus. Oleh karena itu, penetapan GBLA dilakukan melalui SK. "SK untuk mengabsahkan pengalihan anggaran. Anggaran untuk lighting, kembang api, tarian kolosal dan anggaran yang disiapkan di Jalak digeser ke GBLA," ungkapnya.

Menurut Aher, perbaikan secara fungsional ditargetkan selesai Juli. Setelah itu ada perbaikan kecil hingga hari H. Begitu pun masalah akses jalan ke stadion, pihaknya segera berkomunikasi dengan Kementerian PUPR. (Jr.)**

.

Categories:Olahraga,
Tags:,