Nagreg Menuju Limbangan Mengular hingga 10 Kilometer

Nagreg Menuju Limbangan Mengular hingga 10 Kilometer

Arus kendaraan pemudik mulai memadati jalur Nagreg, polisi pun memberlakukan sistem buka tutup. (foto -ist)

Garut - kemacetan panjang mulai terjadi di jalur selatan yang melintasi Jalan Limbangan - Malangbong Kabupaten Garut menuju Jawa Tengah, hingga sepanjang 10 kilometer pada H-4 Lebaran. Sementara arus lalu lintas dari arah timur atau Jawa Tengah menuju Bandung cukup lancar.

Berdasarkan laporan dari Dishub Kabupaten Garut, pada H-5 Lebaran jumlah kendaraan dari arah barat ke timur mencapai sebanyak 35.961 unit dengan jumlah arus 1.498 per jam. Sementara dari arah timur ke barat sebanyak 14.686 unit dengan jumlah arus 611 per jam.

Menurut petugas posko perhitungan arus lalu lintas, Gun Gun Nugraha, kemacetan terjadi mulai dari jalan cagak Nagreg Kabupaten Bandung hingga Sasakbeusi Kabupaten Garut sejauh 10 kilometer. "Arus lalu lintas tersendat mulai dari cagak (Nagreg). Penumpukan parah di depan Pasar Limbangan," kata Gun Gun, Sabtu (2/7/2016).

Akibat arus lalu lintas tersendat, banyak pemudik terutama bus yang lewat jalur alternatif Jalan Banyuresmi-Limbangan. Lonjakan arus mulai ramai sejak pukul 5.00 hingga 6.00 sebanyak 4.346 unit, yang sebelumnya hanya 519 unit pada pukul 4.00-5.00.

Menurut Gun Gun, lonjakan arus lalu lintas yang paling menonjol pada pukul 9.00 hingga pukul 10.00 sebanyak 3.046. Sebelumnya, pada pukul 8.00 hingga pukul 09.00 hanya sebanyak 1.994 unit. "Jalur sempat diberlakukan satu arah selama 20 menit dari pukul 09.10 sampai 09.30," katanya.

Sementara itu, memasuki H-4 Lebaran ini polisi melakukan buka tutup jalan mengarah ke Limbangan di Jalan Cagak Nagreg, menyusul kepadatan volume kendaraan yang terjadi di ruas jalan itu. Lonjakan volume kendaraan di ruas Jalan Nagreg mulai dari Cagak mengarah ke Limbangan, mulai tampak sejak pukul 09.00 pagi.

"Kami lakukan buka tutup jalan karena kendaraan sangat padat. Untuk kendaraan dari Bandung menuju ke Limbangan kami arahkan ke arah Garut," ungkap Wadirlantas Polda Jabar, AKBP Yus Nurjaman. Petugas akan bergantian membuka dan menutup jalan di Jalan Cagak. Baik mulai jalan yang mengarah ke Limbangan maupun yang mengarah ke Garut. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,