Nur Rohman Salah Seorang Jaringan Internasional ISIS

Nur Rohman Salah Seorang Jaringan Internasional ISIS

Logo bendera Amerika Serikat yang ditemukan terpasang di bagian lengan baju sebelah kiri pelaku bom bunuh diri di Mapolresta Solo. (foto - Twitter)

Solo Terduga pelaku bom bunuh diri di Mapolresta Solo, Nur Rohman sempat belajar merakit bom saat dalam pelarian dirinya, selain telah dipersiapkan sebagai "pengantin" bom bunuh diri.

Sementara itu, pelaku bom bunuh diri tersebut saat beraksi mengenakan baju kaus dengan lambang bendera Amerika Serikat (AS). Logo bendera Amerika yang terbuat dari bordiran, ditemukan terpasang di bagian lengan baju sebelah kiri, yang dikenakan pelaku. Selain bendera, ada juga sebuah tulisan "Police" di bawah bendera Amerika itu.

Sejauh ini, belum ada keterangan resmi dari pihak kepolisian, mengenai tujuan dan maksud pelaku bom bunuh diri tersebut dengan mengenakan kaus dengan logo bendera Amerika Serikat.

Kapolri Jenderal (Pol) Badrodin Haiti menyatakan, Nur Rohman disinyalir sempat membuat bom sendiri saat di Bekasi. Keterangan itu diberikan dua terduga lainnya yang sudah ditahan, Ali Uigur dan Andika yang mengaku sempat melihat Abu Musab dan Nur Rohman membuat bom.

"Nur Rohman sempat belajar sendiri membuat bom rakitan. Ia belajar ketika masih berada di Bekasi, bersama tiga temannya yang sudah kami tahan," kata Kapolri Jenderal (pol) Jenderal (Pol) Badrodin Haiti dalam konferensi pers di Mapolresta Solo, Jawa Tengah, Selasa (5/7/2016).

Kapolri mengatakan, rencana eksekusi bom tersebut dengan cara dilempar menggunakan bom lempar dan bom bunuh diri (bom tas). Bahkan, dua eksekutor bom bunuh diri, Nur Rohman dan Ali Uigur tersebut memang sudah dipersiapkan sebelumnya.

"Yang lalu (Thamrin) itu memang ada perintah dari Bahrun Naim, tapi sekarang perintah dari ISIS yang memerintahkan selama bulan Ramadan ini harus ada aksi teror. Dengan demikian, sejumlah kasus teror terjadi di dunia seperti di Turki, Arab Saudi, Perancis dan Amerika Serikat. Jadi kelompok ini termasuk jaringan internasional," kata Badrodin. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,