Brasil Kerahkan 85 Ribu Personel Amankan Olimpiade 2016

Brasil Kerahkan 85 Ribu Personel Amankan Olimpiade 2016

Brasil mengerahkan 85 ribu personel untuk mengamankan Olimpiade 2016 Rio de Janeiro. (foto - ist)

Rio de Janeiro - Sedikitnya 85 ribu personel keamanan dari berbagai kesatuan dikerahkan oleh pemrintah Brasil, dalam rangkan mengamankan dan menyukseskan gelaran Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Hal itu dilakukan agar seluruh atlet dan pihak yang berpartisipasi, dapat merasakan kenyamanan selama berlangsungnya pesta olahraga sejagat itu.

"Personel keamanan dari pemerintahan federal, negara bagian dan Kota Rio de Janerio akan menjaga para atlet, ofisial, para kepala negara yang datang, penonton dan juga wartawan," kata Presiden Interim Brasil Michel Temer dalam pernyaaan tertulisnya, Selasa (5/7/2016).

Dalam pernyataan resmi bertepatan dengan satu bulan menjelang dibukanya Olimpiade Rio de Janeiro yakni 5-21 Agustus 2016, Presiden Michel Temer kembali menegaskan, Brasil siap menggelar Olimpiade dan Paralympic Gamers pertama di benua Amerika Selatan itu.

Para peserta dari luar negeri, menurut Temer, saat tiba di Brasil nanti akan langsung merasakan suasana aman, karena pemerintah sudah melakukan koordinasi soal keamanan secara matang. "Apalagi Brasil bukan kali ini menggelar event olahraga besar seperti Olimpiade. Kami sudah berpengalaman menjadi tuan rumah event penting seperti Piala Dunia, Piala Konfederasi dan Pan American Games," katanya, seperti dilansir Antara.

Pernyataaan Presiden Interim Brasil itu sekaligus menjawab berbagai kekhawatiran para atlet dan ofisial, dari berbagai negara soal keamanan mereka. Ia juga menegaskan, semua fasilitas seperti arena pertandingan, perkampungan atlet dan fasilitas pendukung lainnya untuk Olimpiade telah siap untuk digunakan.

Sekitar 17 ribu atlet dan ofisial akan berpartisipasi dalam Oimpiade 2016 ini. Selain itu Kota Rio de Janerio selama berlangsungnya Olimpiade akan didatangi oleh sekitar 500 ribu turis dan penonton, baik dari luar negeri maupun dari daerah lainnya di Brasil.

Sementara itu, sebagian besar pertandingan Olimpiade akan berlangsung di Kota Rio de Janeiro. Sedangkan untuk cabang sepakbola disebar di beberapa kota lainnya, seperti Sao Paulo, Salvador, Brasilia, Belo Horizonte dan Manaus. (Jr.)**

.

Categories:Olahraga,
Tags:,