Stok BBM Dinyatakan Aman Hingga 20 Hari ke Depan

Stok BBM Dinyatakan Aman Hingga 20 Hari ke Depan

VP Coorporate Comunnication PT Pertamina Persero, Wianda Pusponegaro. (foto - ist)

Jakarta - Stok ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) saat arus balik Lebaran 2016 dipastikan aman. pada arus balik H+1 Lebaran, permintaan  BBM sudah mengalami peningkatan, khususnya jenis Pertamax dan Pertalite.

"Diharapkan, pemudik bisa mudik dengan sebaik- baiknya, stok BBM saya pastikan aman untuk 20 hari ke depan," kata VP Coorporate Comunnication PT Pertamina Persero, Wianda Pusponegaro di kantor NTMC Polri, Kamis (7/7/2016). Menurut Wianda, pada hari Kamis ini Pertamina menyalurkan pertamax hampir dua kali lipat dari biasanya, bahkan pertalite tiga lipat.

Sebelumnya, Kepala Korlantas Polri Brigjen Agung Budi Maryoto memprediksi, puncak arus balik terjadi pada Lebaran H+3 atau pada Sabtu 9 Juli 2016 malam. "Kami prediksi pada Sabtu malam Minggu," katanya. Meski puncak arus balik pada Sabtu malam, Agung meyakini kepadatan lalu lintas masih akan berlangsung hingga Minggu.

Untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas menghadapi arus balik Lebaran yang berujung pada kemacetan, maka pihaknya meminta masyarakat untuk menaati rekayasa lalu lintas yang diberlakukan petugas.

Sementara itu, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto mengatakan, pihaknya terus mengadakan koordinasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Kepolisian, untuk mengantisipasi lonjakan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) saat arus mudik kemarin.

Konsumsi BBM melonjak hingga 200 persen khususnya di Jawa Tengah, yang berada di luar prediksi. "Kita selalu koordinasi, ada satgas (satuan tugas) bersama. Kemarin kejadian saat arus mudik jadi pelajaran. Ternyata permintaan naik 200 persen, padahal kita antisipasi di Jawa Tengah 60 persen dari tahun lalu," katanya.

Menurutnya, kapasitas tampung pada masing-masing stasiun pengisian BBM umum (SPBU) hanya terbatas selama 2 hari. Namun demikian karena terjadi kemacetan di beberapa wolayah, maka distribusi BBM dengan truk tangki ikut terhambat.

"Storage di masing-masing SPBU tahan 2 hari. Kemacetan kalau tidak segera disuplai lebih dari 2 hari, dia menjadi terputus. Tidak bisa suplai karena macet dan tidak bisa lewat. Meski dikawal polisi tapi tidak tertolong," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,