Dermaga Pulau Berhala Ambruk 100 WisatawanTercebur ke Laut

Dermaga Pulau Berhala Ambruk 100 WisatawanTercebur ke Laut

Dermaga Kepulauan Berhala Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau. (foto - ist)

Jakarta - Dermaga atau jembatan penyeberangan ke kapal atau perahu di Kepulauan Berhala Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau ambruk. Namun, Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) menyebutkan, tidak ada korban jiwa dalam musibah itu.

"Berdasarkan laporan BPBD Kabupaten Lingga semua pengunjung yang tercebur ke laut, semuanya dinyatakan selamat dan tidak ada korban jiwa seperti yang diberitakan di media," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (8/7/2016).

Menurut Sutopo, pada saat air pasang besar dan gelombang besar, pengunjung Pulau Berhala yang baru datang berkumpul di atas dermaga. "Banyaknya warga berada di jembatan dan dorongan air pasang, akhirnya jembatan pun tidak mampu menahan beban," katanya.

Adapun dermaga yang ambrruk tersebut, kata Sutopo sepanjang 12 meter atau empat blok sekitar 15-20 meter dari pantai. "Sekitar 100 pengunjung terjatuh ke laut dalam kejadian itu. Sementara di ujung dermaga ada 200 orang menunggu gelombang reda, karena kapal penumpang tidak dapat merapat ke dermaga," katanya.

Sutopo menyebutkan, pengunjung yang jatuh ke laut dalam keadaan selamat, berkat menggunakan bantuan ban mobil. BPBD Kabupaten Lingga bersama Polri, TNI, Basarnas dan relawan langsung mengevakuasi para korban.

"Polri membantu evakuasi menyediakan dua kapal dari Satpol Air Polda Jambi dan Polres Tanjung Jabung Timur. BPBD Provinsi Jambi dan Basarnas Provinsi Jambi juga membantu penanganan," tambahnya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,