Pedagang Panik Plaza Ramayana Kota Medan Terbakar

Pedagang Panik Plaza Ramayana Kota Medan Terbakar

Plaza Ramayana Aksara di Jalan Aksara Kecamatan Medan Tembung Kota Medan, Sumatera Utara dilanda kebakaran, Selasa (12/7/2016) siang. (foto - ist)

Medan - Kebakaran melanda Plaza Ramayana yang berada di Jalan Aksara Kecamatan Medan Tembung, Kota Medan Sumatera Utara, Selasa (12/7/2016) sekitar pukul 12.00 WIB. Para pemilik toko dan pedagang lainnya dibuat panik, berhamburan keluar toko. Sementara api diketahui pertamakali muncul dari lantai dua blok enam.

"Kami tidak tahu asal api dari mana. Saya jualan di lantai bawah, saat asap sudah keluar dari gedung, pedagang dan pekerja langsung keluar," kata Nuraidah, salah seorang pedagang di lokasi.

Menurutnya, api diduga muncul dari mesin pendingan makanan yang terletak di lantai dua, kemudian langsung menyambar ke dinding bangunan lainnya. "Api berasal dari kulkas, namun itu pun belum tahu pastinya bang. Sebelum petugas pemadam kebakaran datang, tadi pedagang sempat siramkan air," katanya.

Puluhan petugas pemadam kebakaran terus berusaha memadamkan api yang melumat plaza tersebut. Sedangkan polisi dari Satuan Sabhara ikut mengamankan lokasi kebakaran. Belum ada laporan korban jiwa berikut kerugian material. Arus lalu lintas di sekitar lokasi pun lumpuh total. Jalanan di kawasan Plaza Ramayana Aksara Medan ditutup untuk sementara, guna memudahkan mobil pemadam masuk ke lokasi kebakaran.

Kebakaran Plaza Ramayana Aksara yang berada di persimpangan jalan membuat ratusan kendaraan yang datang dari Jalan Aksara, Jalan HM Yamin dan Jalan Letda Sudjono menumpuk. Akibatnya, kemacetan parah sepanjang di sekitar jalan itu. Untuk mengurai kemacetan puluhan polisi berjaga di tiap persimpangan jalan.

Mobil maupun sepeda motor yang datang dari arah Jalan HM Yamin diminta memutar arah ke beberapa gang di sekitar lokasi kebakaran. "Kepada pengguna jalan kami mohon maaf, tolong berputar arah. Di sana lagi ada kebakaran," teriak seorang polisi yang mengatur lalu lintas.

Meski sudah diblokade petugas, sejumlah pengendara motor tetap membandel dengan menerobos masuk menuju lokasi kebakaran. Di sela-sela keramaian, puluhan pedagang yang membuka lapak di Plaza Ramayana Aksara nyaris terlibat adu fisik.

Pemicunya, seorang pedagang tiba-tiba saja naik ke lantai dua, tempat di mana banyak toko emas yang ditinggalkan. Mengetahui ada yang naik ke lantai dua, pedagang lainnya mengamuk. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,