Banjir Parah, Ratusan Ribu Ribu Warga di India Diungsikan

Banjir Parah, Ratusan Ribu Ribu Warga di India Diungsikan

Banjir hebat yang melanda wilayah Chennai India tahun lalu. (foto - ilustrasi)

New Delhi - Banjir yang melanda sebagian wilayah India telah merendam puluhan ribu rumah. Sekitar 170 ribu warga terpaksa mengungsi karena kehilangan rumah, musibah banjir tersebut telah merenggut nyawa sedikitnya  22 orang.
 
Banjir yang terjadi setelah selama sepekan ini di beberapa wilayah India diguyur hujan deras, baru mereda pada Rabu lalu. Akibat banjir itu, 20 orang di wilayah Madhya Pradesh tewas disapu air bah, sementara 70.000 orang meninggalkan rumah mereka yang terendam air dari sungai Narmada.
 
Seperti dilaporkan Reuters, baru-baru ini korban tidak hanya di wilayah Madhya Pradesh. dua orang dikabarkan meninggal di daerah Assam, karena terseret arus sementara 10.000 orang diminta mengungsi ke dataran yang lebih tinggi.
 
"Hujan di India memang sangat diperlukan karena penting untuk pertanian. Namun tak jarang justru membawa bencana. Rata-rata curah hujan di atas 35 persen pada awal bulan hingga 6 Juli kemarin," demikian penjelasan badan prakiraan cuaca setempat.
 
Meningkatnya volume Sungai Narmada di Madhya Pradesh juga membuat sejumlah orang dievakuasi dengan perahu karet. "Ribuan orang akan dievakuasi. Kami sedang membangun tempat pengungsian bagi mereka," kata pejabat lokal Basant Singh di Bopal. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,