Ditetapkan Tersangka Kasus Pemalsuan Kartu BPJS

Ditetapkan Tersangka Kasus Pemalsuan Kartu BPJS

Kartu Peserta BPJS Kesehatan. (foto - ilustrasi)

Cimahi - Jajaran Polres Cimahi menetapkan seorang tersangka, terkait kasus BPJS palsu di Desa Kertajaya Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat. Yakni  As (42) warga Cimahi Tengah Kota Cimahi. Tersangka berperan sebagai pecetak kartu dan berprofesi sebagai pegawai sebuah yayasan sosial.

Petugas pun mengamankan satu bundel berkas pendaftaran BPJS, satu bundel kuitansi pembayaran, dua buah Kartu Peserta BPJS palsu dan sejumlah blanko BPJS hasil print melalui email tersangka.

Menurut Kapolres Cimahi, Ade Ary Syam Indradi, Senin (25/7/2016) dalam pemeriksaan tersangka mengakui telah mencetak Kartu Peserta BPJS Kesehatan sejak 14 Juli 2015 hingga sekarang ini. Tersangka awalnya menyosialisasikan dapat mengurus kartu BPJS seumur hidup hanya dengan membayar Rp 100.000.

Selain itu, warga pun tidak perlu membayar biaya iuran bulanan. Mereka yang tertarik pun segera diminta menyerahkan persyaratan, antara lain fotokopi KTP, KK, foto dan uang Rp 100.000. 

Dalam usahnya meyakinkan para warga yang sudah mendaftar, tersangka mencetak Kartu BPJS sendiri melalui file blanko kartu BPJS kosong, yang dapat diubah nama sesuai keinginan dengan menggunakan Nomor Peserta secara acak dan tidak sesuai dengan BPJS Kesehatan yang resmi.

Kartu Peserta BPJS palsu yang telah dicetak tersangka sudah dibagikan ke 175 Kepala Keluarga (KK) dari 810 Kepala Keluarga yang tercatat menjadi calon Peserta BPJS. "Kita masih mendalami kasus tersebut, apakah ada tersangka lain atau tidak," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,