Jaguar Segera Adopsi Mesin V8 Milik BMW

Jaguar Segera Adopsi Mesin V8 Milik BMW

Jaguar Patenkan Nama Mobil Ramah Lingkungan. (foto - ist)

Coventry - Untuk menekan biaya dan waktu riset, tukar teknologi antar pabrikan baik melalui kerja sama atau jual beli merupakan hal yang biasa terjadi di dunia otomotif . Hal itu yang tengah dilakukan antara BMW dan Jaguar Land Rover (JLR) untuk mesin berkonfigurasi V8.

Kini pabrikan Jaguar sudah membeli teknologi mesin N63 V8 4.400 cc twin-turbo berdaya 600 daya kuda. Mesin yang digunakan oleh BMW M5 tersebut, nantinya akan tersemat pula pada beberapa produk JLR lainnya di masa depan.
 
Namun demikian, mesin V8 4.400 cc twin-turbo takkan ditelan mentah-mentah oleh manufaktur mobil asal Inggris tersebut. Pasalnya JLR meminta pabrikan asal Jerman ini menciptakan mesin dengan teknologi serupa namun berkapasitas 4.000 cc.

Sejauh ini, tentu saja kerja sama tersebut cukup menarik untuk disimak, lantaran pabrikan mobil premium asal negeri Ratu Elizabeth II tersebut biasa menggunakan mesin 5.000 cc berteknologi supercharged.

Diketahui, V8 4.400 cc twin-turbo pertamakali diproduksi sejak 2008, dan hingga kini sudah tiga kali mengalami revisi. Mesin tersebut bisa didapatkan di bawah kap mesin X5 xDrive50i dan X6 xDrive50i, 750i, 550i, serta 650i. Selain kerja sama BMW dan JLR, sebelumnya Audi dan Porsche pun melakukan hal sama untuk Porsche Panamera terbaru. (Jr.)**
.

Categories:Otomotif,
Tags:,