Petugas Imigrasi Bekasi Jaring 46 WNA di Apartemen

Petugas Imigrasi Bekasi Jaring 46 WNA di Apartemen

Sebanyak 46 WNA Dijaring Petugas Imigrasi Bekasi di Apartemen Center Poin Kota Bekasi. (foto - ist)

Bekasi - Sedikitnya 46 warga negara asing (WNA) dijaring Kantor Imigrasi Kelas II Bekasi, di Apartemen Center Poin di Kota Bekasi selama operasi pada 25-26 Juli 2016. Para ekspatriat itu terpaksa digelandang ke kantor imigrasi, karena tak mempunyai dokumen keimigrasian yang lengkap.
 
Menurut Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Bekasi, Is Edy Ekoputranto, para ekspatriat yang terjaring razia di antaranya 21 berasal dari India. Sedangkan 25 orang lainnya berasal dari berbagai negara di Eropa, Amerika dan Asia. "Kalau yang dari India, mereka tinggal di Bekasi selama tiga pekan, tapi menggunakan visa kunjungan wisata," kata Eko, Rabu (27/7/2016).

Namun demikian, sayangnya mereka tidak bisa menunjukkan tujuan tempat wisata, modal hidup, bahkan tidak bisa menunjukkan paspor. Berdasarkan penyelidikan sementara mereka ke Bekasi untuk bekerja. "Mereka berdalih paspor dibawa orang lain atau pihak ketiga. Padahal, seharusnya paspor itu melekat dengan yang bersangkutan," katanya.

Para warga negara asing tersebut melanggar Pasal 122 huruf a Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011, tentang Keimigrasian. Ancamannya yakni dideportasi serta hukuman pidana selama lima tahun penjara. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,