Ricuh Demo Aktivis Perempuan Cilacap Tolak Eksekusi Mati

Ricuh Demo Aktivis Perempuan Cilacap Tolak Eksekusi Mati

Massa dari gabungan kelompok perempuan melakukan demonstrasi di sekitar Dermaga Wijayapura Cilacap Jawa Tengah, Kamis (28/7/2916) sore. (foto - ist)

Cilacap - Massa aktivis yang berasal dari gabungan kelompok perempuan melakukan demonstrasi di sekitar Dermaga Wijayapura Cilacap Jawa Tengah, Kamis (28/7/2016) sore. Demo berhasil dibubarkan, aparat kepolisian pun menjemput paksa sejumlah aktivis perempuan itu dengan menggunakan mobil patroli.

Demonstran antara lain berasal dari Koalisi Perempuan Indonesia (KPI) Cilacap, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cilacap. Mereka menolak eksekusi mati terhadap Merry Utami. Aktivis perempuan itu meminta kebijakan pemerintah untuk menganulir keputusan eksekusi mati terhadap Merry.

"Mereka tidak tahu siapa Merry Utami sebenarnya. Merry adalah buruh migran yang menjadi korban dalam kasus ini. Oleh karena itu, kami meminta kepada pemerintah untuk tidak mengeksekusi mati Merry Utami," teriak salah seorang aktivis Mujiatun.

Sementara ktivis perempuan lainnya, Cika juga meminta agar tidak lagi ada hukuman mati terhadap warga negara. Menurutnya, tidak selayaknya Merry mendapat hukuman mati. "Kami tidak hendak membela gembong narkoba. Sebab Merry adalah korban," katanya.

Dalam aksinya, demonstran membawa poster bertuliskan "Grasi untuk Merry Utami" "Selamatkan Merry Utami dari Eksekusi Mati" dan beberapa poster lainnya. Setelah massa berorasi, petugas dari kepolisian Cilacap mengeluarkan mobil patroli dan menarik sejumlah aktivis perempuan tersebut.

Namun demikian, kericuhan tak bisa dihindari. Sempat terjadi tarik menarik antara petugas dengan para demonstran. Sejumlah poster yang dibawa aktivis perempuan pun turut disita oleh petugas yang berjaga. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,